Di Bandung Ada Wayang Cepak?

- 15 Oktober 2020, 22:44 WIB
Keberadaan Wayang Cepak di Kota Bandung merupakan jasa dari Mama Usup Sarbin sekitar Tahun 1800 an mendapat diundang Kanjeng Dalem Bandung.*** /May Lodra

PORTAL BANDUNG TIMUR.-

Wayang Cepak identik sebagai kesenian tradisional asal Kabupaten dan Kota Cirebon. Kesenian wayang yang memiliki kekhasan ornamen hiasan pada kepalanya (topi) cepak (rata) sejajar dengan bagian atas kepalanya, yang tentunya hal ini berlainan dengan Wayang Golek Purwa di Priangan, ornamen pada kepala mengenakan makuta (mahkota, crown) berbentuk nyuncung (piramida) serta berbentuk telekung (melengkung).

Keberadaan Wayang Cepak di Kota Bandung merupakan jasa dari Mama Usup Sarbin  sekitar Tahun  1800 an mendapat diundang Kanjeng Dalem Bandung. Setelah pentas mendapat tanggapan positif warga Kanjeng Dalem serta masyarakat pada umumnya sehingga Mama Usup dianugerahi gelar Ngabei.

Sejak mendapat anugerah Ngabei, Mama Usup mengajar wayang dan menetap di Sumedang sampai akhir hayatnya. Kesenian Wayang Cepak diterus Rasta anak angkat Mama Usup melanjutkan serta menetap di daerah Nanjung Batujajar Kab. Bandung Barat sekarang.

Baca Juga: UMKM Kabupaten Bandung Masih Terkendala Pengembangan

Selain rutin tampil di Pendopo Kabupaten (sekarang Pendopo Kota Bandung) Mama Rasta  melanjutkan juga sering tapil di pelosok pedesaan, kala itu cerita paling digemari ‘Menak Hamzah’ dengan iringan gamelan berlaras Pelog Jawar.

Setelah Mama Rasta meninggal, kesenian Wayang Cepak diteruskan putranya, Otong Rasta. Antara tahun 1949 hingga 1970 an nama Ki Dalang Mama Otong Rasta dengan kesenian Wayang Cepak Bandung cukup dikenal.

Tahun 1969, Mama Otong Rasta dengan Wayang Cepaknya mendapat kesempatan tampil  di acara Pekan Wayang seluruh Indonesia. Saat itu berkolabora Atik anak Otong yang menampilkan Wayang Golek Purwa.

Baca Juga: Koramil 1811 Ujung Berung Lakukan Penyemprotan

Halaman:

Editor: May Nurohman S


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Di Bandung Ada Wayang Cepak?

15 Oktober 2020, 22:44 WIB

Di antara Gaya dan Daya Hidup

15 Oktober 2020, 20:17 WIB

Kiprah Kampung Film Sekewood

15 Oktober 2020, 20:12 WIB

Guyubnya Kampung Film Black Team

15 Oktober 2020, 20:05 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X