Fin Komodo Asa Cimahi Jadi Tonggak Desain Kendaraan Multiguna di Tanah Air

- 23 Januari 2021, 18:00 WIB
DIREKTUR Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih  saat menjajal Fin Komodo KD 250 X produk Kota Cimahi pemenang penghargaan Grand Award IGDS 2020 .
DIREKTUR Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih  saat menjajal Fin Komodo KD 250 X produk Kota Cimahi pemenang penghargaan Grand Award IGDS 2020 . /Humas Kemenperin/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih merasa yakin Fin Komodo KD 250 X asal Kota Cimahi, Jawa Barat, akan mampu bersaing. Sejak tahun 2018, PT Fin Komodo telah memproduksi delapan mobil multiguna Fin Komodo untuk pengguna dalam dan luar negeri.

“Fin Komodo KD 250 X asal Kota Cimahi, Jawa Barat, memenangi ajang  Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020, dibandingkan mobil outdoor lainnya, harga Fin Komodo cukup kompetitif. Per unitnya dibanderol hanya Rp110 juta dan Fin Komodo sudah banyak dicoba oleh para penggemar olah raga off road,” ujar Gati dalam rilis yang dikutip Portal Bandung Timur, Sabtu 2021.

Baca Juga: Fin Komodo Kendaraan Multiguna Masa Depan Asal Kota Cimahi Menangi IGDS 2020  

Dikatakan Gati,  kendaraan Fin Komodo diharapkan bisa digunakan sebagai kendaraan penghubung wilayah pedesaan atau di daerah terpencil. “Dengan demikian, percepatan pemerataan ekonomi di perdesaan bisa tercapat dengan mobilisasi yang ditunjang oleh kendaraan multi fungsi seperti Fin Komodo,” ujar Gati.

Sementara pengamat Desain Otomotif Rudi Budiman, sekaligus Juri IGDS 2020, menilai Fin Komodo mampu menjadi tonggak desain kendaraan multiguna di Tanah Air. “Kehadirannya menjawab semua kebutuhan area rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desiain yang lebih spesifik,” ujar Rudi.

Selain untuk mobilitas masyarakat, Fin Komodo dinilai dapat digunakan untuk kendaraan TNI dalam upaya menjaga wilayah perbatasan. Para penjaga hutan pun dapat memanfaatkan mobil ini untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan lantaran karena Fin Komodo mampu menjelajah kubangan dan tanah terjal dengan performa yang baik.

Baca Juga: Kota Bandung Siap Bersinar

“Mobil ini juga bisa dipakai untuk evakuasi, penunjang kegiatan pertanian, pertambangan, perkebunan, dan kegiatan lain yang tidak dapat dijangkau kendaraan konvensional. Tak heran dengan beragam keunggulan itu, Fin Komodo berhasil mengantongi penghargaan tertinggi IGDS 2020,” ujar Rudi.

Ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS), telah dimulai sejak tahun 2001 merupakan wujud apresiasi Kemenperin kepada insan kreatif yang mampu menciptakan desain produk terbaik dan inovatif. Tujuannya agar produk tersebut mampu bersaing secara global. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Kemenperin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x