Dimasa Pandemi Covid-19, Dekranasda Harus Mampu Berperanserta Memulihkan Perekonomian

- 11 April 2021, 08:30 WIB
Hj. Wury Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2021 melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wakil Presiden, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat.
Hj. Wury Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2021 melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wakil Presiden, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat. /Foto : Istimewa

PORTAL BANDUNG TIMUR - Bangsa Indonesia saat ini tengah berjuang untuk bangkit dari krisis akibat pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) yang berdampak cukup signifikan ke semua aspek kehidupan masyarakat termasuk juga industri kerajinan.  Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) diharapkan turut berperan aktif dalam upaya memulihkan industri kerajinan nasional.

“Sebagai mitra pemerintah di bidang kerajinan Dekranasda harus turut aktif berperan serta untuk menggerakkan kembali industri kerajinan ini,” tegas Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2021 melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wakil Presiden, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat.

Disampaikan Hj. Wury Ma’ruf Amin, pihaknya sangat berharap Rakernas dapat menghasilkan program-program kerja yang sanggup mengangkat kembali kinerja industri kerajinan. Juga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian para perajin.

Baca Juga: Bambang Prayitno, Pascagempa Masyarakat Jangan Termakan Isu

“Program-program yang kita susun dalam Rakernas ini hendaknya sejalan dengan berbagai program pemerintah. Terutama dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 maupun dalam pemulihan ekonomi nasional,” imbaunya.

Lebih lanjut, Ibu Wury Ma’ruf Amin menekankan bahwa dalam menyusun dan melaksanakan program kegiatan, arah kebijakan Dekranas dapat bertumpu pada penyiapan sumber daya manusia (SDM) menjadi perajin yang unggul, peningkatan daya saing produk kerajinan lokal dengan selera global, peningkatan hubungan kemitraan dan kerjasama di bidang industri kerajinan, perluasan akses pasar bagi produk kerajinan tanah air, serta pembangunan ekosistem industri kerajinan.

“Selain itu, kegiatan Dekranas diharapkan (juga) selaras dengan berbagai program pemulihan ekonomi nasional pemerintah, seperti di antaranya digitalisasi UMKM/IKM maupun Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia,” pintanya, sebagaimana dikutip dari laman resmi  ibuwma.wapresri.go,id

Namun, Ibu Wury Ma’ruf Amin mengingatkan agar kegiatan-kegiatan Dekranas tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Kegiatan Dekranas diharapkan berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta memperhatikan ketentuan masa pandemi seperti terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” kata Ibu Wury Ma’ruf Amin  mengingatan.

Baca Juga: Tahun Ini Akan di Terima 1.275.387  CPNS

Pada Rakenas yang diselenggarakan bersamaan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-41 Dekranas yang mengusung tema 'Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju', Ibu Wury Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa tujuan Rakernas kali ini adalah untuk menyusun Program Kerja Tahun 2021, yang nantinya akan dijadikan pedoman bagi pelaksanaan kegiatan organisasi Dekranas dan Dekranas Daerah (Dekranasda) selama satu tahun ke depan.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x