Pemkot Bandung dan BULOG, Secara Berkala Gelar Operasi Pasar Beras Medium di 30 Kecamatan

- 17 Februari 2023, 21:45 WIB
Seorang warga menjinjing beras yang dibeli dari Operasi Pasar beras medium yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bandung dan BULOG Kota Bandung di 30 wilayah kecamatan.
Seorang warga menjinjing beras yang dibeli dari Operasi Pasar beras medium yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bandung dan BULOG Kota Bandung di 30 wilayah kecamatan. /Foto : Humas Pemkot Bandung/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Menekan harga bahan pokok dan inflasi di Kota Bandung Pemerintah Kota Bandung menggelar Operasi Pasar beras medium. Operasi Pasar Beras diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Industri Kota Bandung bersama BULOG Kota Bandung serta Bank Indonesia.  

“Total sebanyak 600.000 kilogram beras didistribusikan dalam operasi pasar bersama Bulog dan Bank Indonesia ini. Keseluruhan beras ini dibagi untuk 30 kecamatan, sehingga setiap kecamatan mendapatkan jatah 20.000 kilogram dan kita berharap, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan beras dengan harga murah jelang Ramadan dan Idulfitri,” ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam keterangannya kepada wartawan.

Pada Operasi Pasar yang digelar menurut Yana Mulyana untuk beras medium dijual dengan harga Rp8.500 per kilogram atau Rp42.500 per satu kemasan 5 kilogram. “Sudah pasti harga ini berada di bawah harga eceran di pasar, yakni Rp9.450 per kilogram,” tegas Yana Mulyana.

Baca Juga: PASTI, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Istrinya Ajukan Banding Demikian juga Kuat Maruf dan Ricky Rizal

Dikatakan Yana Mulyana,  beras merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam beberapa pekan terakhir harganya berangsur naik. Karenanya menjelang Ramadhan dipandang perlu harganya terus distabilkan karena berpengaruh terhadap inflasi.

"Kita berharap, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan beras dengan harga murah jelang Ramadan dan Idulfitri,” ujar Yana Mulyana.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menambahkan bahwa selain Operasi Pasar, Pemkot Bandung telah meluncurkan Beras Medium Stabilisiasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) kepada para pedagang di pasar.  "Total sudah 750 ton Beras Medium SPHP digelontorkan untuk menekan kenaikan harga beras di Kota Bandung," terang Elly Wasliah.

Baca Juga: Mustolih Siradj, Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji Indonesia Adopsi Ponzi Sceam

Dikatakan Elly Wasliah, pihaknya sudah memastikan stok beras di Kota Bandung dalam kondisi yang aman dan mencukupi hingga beberapa bulan ke depan. “Untuk stok aman, tetapi untuk harga kita tidak bisa pungkiri memang ada kenaikan,” ujar Elly Wasliah.

Menurut Elly Wasliah, Operasi Pasar beras medium akan diumumkan secara berkala di 30 wilayah kecamatan di Kota Bandung. “Untuk ketentuan pembelian, pembeli wajib membawa KTP Kota Bandung dan untuk pembeliannya dibatasi maksimal 2 kemasan atau setara 10 kilogram beras,” pungkas Elly Wasliah. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x