Pariwisata Jawa Barat Masih Berada di Rangking 7 Nasional, Perlu Stategi

- 22 Februari 2023, 04:45 WIB
Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar memainkan alat musik calung menandai Forum Perangkat Daerah.
Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar memainkan alat musik calung menandai Forum Perangkat Daerah. /Foto : UPTD Pengembangan Kebudayaan Daerah Jawa Barat/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengingatkan pelayanan pada masyarakat serta strategi dalam pengembangan sektor pariwisata dan kebudayaan. Sektor pariwisata Jawa Barat masih bertahan di rangking ke 7 nasional dibutuhkan upaya dan strategi  yang berdasarkan analisis data.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja pada Forum Perangkat Daerah yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat. Acara yang diselenggarakan di Green Forest Resort Kabupaten Bandung Barat 20 hingga 21 Februari 2023 mengusung tema Sinergi Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

"Saat ini kita menghadapi generasi yang berbeda. Artinya, tata kelola kita harus berubah. Menurut saya ini penting, sebab kita harus merespon kebutuhan semua dan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat," papar Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja.

Baca Juga: Pasca Gempa Bumi Kabupaten Cianjur, Kemenkes Dorong Perbaikan Fasyankes

Diingatkan Setiawan Wangsaatmaja, saat ini sektor pariwisata Jawa Barat berada di rangking 7 nasional. “Kita harus kejar, kita harus jalankan bagaimana strateginya berdasarkan analisis data. Kita bahas bersama di forum ini,” tegas Setiawan Wangsaatmaja.

Dikatakan Setiawan Wangsaatmaja, untuk meningkatkan sektor pariwisata Jabar, masalah pelayanan ke masyarakat maupun strategi dalam pengembangan sektor pariwisata dan kebudayaan harus ditingkatkan. “Kita juga harus optimalkan penggunaan teknologi, menurut saya ini akan menjadi masukan yang bagus untuk ke depan," ujar Setiawan Wangsaatmaja.

Sementara Sekretaris Komisi II DPRD Jabar Yunandar Eka Perwira mengatakan bahwa potensi pariwisata harus dimaksimalkan dengan baik. Perbaikan akan sangat membawa pengaruh pada kebangkitan sektor ekonomi masyarakat.

Baca Juga: 7 Warga Desa Sukahurip Pangantikan Kabupaten Garut Meninggal, di Duga Terserang Difteri

"Pembangunan pariwisata adalah tempat untuk membuka peluang usaha sekaligus mampu menghadapi tantangan kehidupan lokal, nasional, dan global. Maka kuncinya menurut saya adalah industri pariwisata. Kita membangun untuk jangka panjang. Ini adalah sebuah kesempatan," ujar Yunandar Eka Perwira.

Dicontohkan Yunandar Eka Perwira, pariwisata di Provinsi Bali yang sudah masuk level internasional. Dengan segala potensi yang ada Jawa Barat juga bisa melakukan hal serupa, namun dengan kesiapan infrastruktur serta sumber daya manusia. 

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x