Yana Mulyana, Persediaan dan Harga Bahan Pokok di Kota Bandung Relatif Stabil Terkendali

- 15 Maret 2023, 17:14 WIB
Permintaan telur ayam meningkat dalam beberapa pekan terakhir sementara suplai tetap mengakibatkan ada kenaikan harga.
Permintaan telur ayam meningkat dalam beberapa pekan terakhir sementara suplai tetap mengakibatkan ada kenaikan harga. /Portal Bandung Timur/may nurohman/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Kota Bandung menjelang bulan Ramadhan relatif aman dan stabil. Terjadi kenaikan harga telur dan ayam akibat kurang pasokan dari pihak penyalur.

“Untuk ketersediaan kebutuhan bahan pokok relatif aman dan harga-harga sejumlah bahan pokok masih wajar dan relatif stabil. Kita ingatkan pada para pedagang untuk tidak menahan barang dan memberikan harga yang wajar menjelang bulan Ramadhan ini,” ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana kepada wartawan disela meninjau harga dan ketersedian bahan pokok menjelang Ramadhan di Pasar Baru Bandung, Rabu 15 Maret 2023.

Dikatakan Yana Mulyana, pihaknya memastikan kebutuhan pokok di Kota Bandung menjelang bulan cuci Ramadan relatif aman dan tersedia. Selain itu dipastikan harga kebutuhan bahan pokok juga relatif stabil.

Baca Juga: Sambut Ramadan dengan Shopee Big Sale 2023: Temukan Promo Terbaik di Berbagai Kategori Produk

"Alhamdulillah beberapa bahan kebutuhan pokok itu kalau soal stok relatif semua aman. Memang ada kenaikan harga untuk komoditasi telur ayam dan cabai rawit, tetapi yang lain relatif stabil," tambah Yana Mulyana.

Kenaikan harga telur ayam menurut pengakuan sejumlah pedagan menurut Yana Mulyana berkisar Rp2.000 hingga Rp3.000 dari harga biasanya. Hal ini terjadi dikarenakan ada banyak pengusaha kecil menengah yang membuat kue kering untuk persiapan Ramadhan dan Lebaran, hingga kebutuhan meningkat sementara suplai tetap atau tidak bertambah.

Sementara untuk stok beras dan minyak goreng yang sempat mengalami kenaikan juga masih mencukupi. “Saya ingatkan agar pedagang memberikan harga yang wajar dan tidak menahan barang, masuknya bulan Ramadhan jangan berlebihan, jangan ada panic buying supaya tetap terkendali," ujar Yana Mulyana. 

Baca Juga: Perjalanan KA Pangrango lintas Bogor - Sukabumi Dibatalkan, PT KAI Siap Ganti Tiket Penumpang 100 Persen

Kenaikan harga telur ayam dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah. Disampaikannya kenaikan terjadi akibat adanya peningkatan permintaan. 

"Harga telur itu Rp29.000 per kilogram. Ada kenaikan di atas HET, sebesar Rp2.000. Kata pedagang, baru tiga hari terakhir harga menjadi Rp27.000. Kota Bandung itu banyak wisata kuliner, kue kering, kue basah sehingga stok telur ada peningkatan permintaan dalam beberapa pekan terakhir," terang Elly Easliah.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x