Bawang Merah dan Cabe Hasil Kebun PT CSM BUMD Cianjur Siap Stabilkan Harga Jelang Lebaran

- 10 April 2023, 21:41 WIB
Direktur Operasional Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Cianjur Sugih Mukti (CSM), Santoso  menunjukan bawang hasil perkebunan PT  CMS yang disiapkan untuk menstabilkan harga jelang Lebaran 2023.
Direktur Operasional Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Cianjur Sugih Mukti (CSM), Santoso menunjukan bawang hasil perkebunan PT CMS yang disiapkan untuk menstabilkan harga jelang Lebaran 2023. /Portal Bandung Timur/dani jatnika/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 budidaya bawang merah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Cianjur Sugih Mukti (CSM), siap di panen. Budidaya di lahan seluas 5 hektar berlikasi di  Kampung Ciasmay, Desa Sukasari dan Cimapag Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukanagara.

"Iya sekarang sudah siap panen, semoga saja bisa menekan harga bawang dipasaran karena setiap menjelang hari raya komoditas bawang selalu melambung naik," ujar Direktur Operasional PT CSM, Santoso saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 10 April 2023.

Santoso menyebutkan tanaman yang siap panen itu baru dari lahan 3 hektare. Diperkirakan bisa menghasilkan bawang merah sekitar 15 ton.

Baca Juga: 30 Lahan Tidur di Purwakarta Disulap Jadi Lahan Pekebunan Bawang Merah

Namun menurut Santoso di lahan 5 hektare tidak semuanya ditanami bawang merah. Sebagian lahan lainnya ditanami cabe merah keriting dan cabe besar

"Jadi penanaman bawang dan cabe itu tumpang sari ditanam secara bersamaan. Untuk cabe merah keriting dan cabe merah besar diperkirakan untuk panen sekitar 8 ton. Panennya dilakukan secara bertahap," ungkap Santoso.

Santoso berharap, kedua komoditas yang sudah siap panen tersebut bisa memenuhi permintaan kebutuhan masyarakat dan menekan harga pada Hari Raya Idul Fitri mendatang. "Semoga saja kedua komoditas tersebut bisa menstabilkan harga dipasaran yang biasa melonjak menjelang Idul Fitri," pungkas Santoso. (dani jatnika)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x