Disbudpar Kota Bandung Klaim Sektor Pariwisata Sudah Pulih

- 7 Mei 2023, 12:51 WIB
Caon pembeli rela mengantri menunggu baso goreng pesanan di Baso Goreng Enggal Padjajaran.  Banyak wisatawan dari berbagai daerah datang dan membeli baso goreng khas Kota Bandung untuk dijadikan oleh-oleh.
Caon pembeli rela mengantri menunggu baso goreng pesanan di Baso Goreng Enggal Padjajaran. Banyak wisatawan dari berbagai daerah datang dan membeli baso goreng khas Kota Bandung untuk dijadikan oleh-oleh. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pasca pandemi Covid-19 sektor pariwisata Kota Bandung Jawa Barat di klaim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, sudah pulih. Sepanjang libur Lebara 2023 Kota Bandung dikunjungi 44.915 wisatawan dari berbagai daerah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Disbudpar, Nuzrul Irwan bahwa pihaknya mencatat ada sekitar 44.915 wisatawan selama libur lebaran 2023 berkunjung ke Kota Bandung. "Tahun ini lebih banyak wisatawan ke kota Bandung dibandingkan tahun 2022 lalu, karena tahun lalu masih ada PPKM," terang Nuzrul Irwan.

Dikatakan Nuzrul Irwan, peningkatan angka kunjungan wisatawan ke Kota Bandung karena adanya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Kunjungan wisatawan selain ke objek wisata, juga ke pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Raup Peluang Usaha, Produk UKM Kabupaten Cianjur Ikuti Pasar Kaget Ramadhan Kementerian Koperasi dan UKM

Dicontohkan Nuzrul Irwan, kawasan Kiara Arta Park yang kini menjadi destinasi wisata favorit di Kota Bandung dengan total kunjungan 18.188 wisatawan. Juga Taman Lalu Lintas dengan total kunjungan 14.830 wisatawan. 

Selain itu juga, objek wisata Karang Setra Waterland dengan pengunjung mencapai 8.911 wisatawan, dan Saung Angklung Udjo dikunjungi 806 wisatawan. Sementara puasat perbelanjaan, Trans Studio Bandung menjadi pusat perbelanjaan favorit dengan dikunjungi, 2.180 wisatawan, selain itu juga pusat perbelanjaan Paris van Java di Jalan Sukajadi dan Paskal 23 Hyper Square

Lebaran telah berlalu namun pusat perbelanjaan masih ramai diserbu masyarakat untuk membeli berbagai keperluan.
Lebaran telah berlalu namun pusat perbelanjaan masih ramai diserbu masyarakat untuk membeli berbagai keperluan.
Dikatakan Nuzrul Irwan, Disbudpar Kota Bandung telah meluncurkan Bandung Calendar of Event (COE) 2023. Pada COE 2023 Kota Bandung menggelar 78 acara pendukung dan 10 acara top event.

Dampak pandemi Covid-19, menurut Nuzrul Irwan, angka kunjungan wisata sempat menurun drastis ke Kota Bandung. “Namun saat ini dengan berbagai acara yang digelar dapat menarik banyak wisatawan disejumlah destinasi wisata di Kota Bandung,” ujar Nuzrul Irwa, yang berharap perekonomian disektor pariwisata segera pulih. (syiffa ryanti)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x