Sektor Pariwisata Jawa Barat Terus Bangkit Pasca Pandemi Covid-19

- 28 Mei 2023, 07:24 WIB
Grup kesenian Pandawa Angklung Rumah Angklung memeriahkan Direct Promotion Special Jakarta di Hotel Sultan Jakarta.
Grup kesenian Pandawa Angklung Rumah Angklung memeriahkan Direct Promotion Special Jakarta di Hotel Sultan Jakarta. /Foto : Humas PHRI Jawa Barat/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pasca pandemi Covid-19 Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat terus menggenjot perekonomian dari sektor pariwisata. Seluruh stakeholder pariwisata terus bersinergi untuk saling mengisi dan mengakselerasi kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

“Sektor Pariwisata di Jabar saat ini sedang bangkit dan simultan dengan pemulihan pasca dampak Covid-19. Kontribusi pariwisata terhadap produk domestik regional bruto atau PDRB diharapkan datang melalui belanja makan, minum, restoran maupun akomodasi,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Chandrawulan, dalam keterangan persnya.

Disampaikan Chandrawulan, pasca pandemi Covid-19 kondisi sektor wisata di Jawa Barat terus membaik. Hal tersebut tak lepas dari peran pemerintah dan stakeholder dalam menjaga iklim dunia wisata.

Baca Juga: Kabayan Saba Kota di Direct Promotion Ppecial Jakarta, Dimeriahkan Rumah Angklung

“Upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan juga terus dilakukan oleh Provinsi Jabar. Seluruh stakeholder pariwisata terus bersinergi untuk saling mengisi dan mengakselerasi kunjungan wisatawan ke Jabar untuk menumbuhkan kembali perekonomian,” jelas Chandrawulan.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Jawa Barat melalui Disparbud Jabar bersama stakeholder pariwisata di Jawa Barat diantaranya dengan menggelar Direct Promotion Pariwisata Jabar.  "Direct Promotion, merupakan strategi pemasaran melalui berkomunikasi langsung kepada pelanggan, baik pelanggan baru maupun potensial, tanpa melalui perantara pihak ketiga, seperti media ataupun iklan," terang Chandarawulan.

Dikatakan Chandrawulan,  Direct Promotion Pariwisata di Jabar adalah upaya memperkenalkan ataupun menjual produk atau layanannya langsung kepada buyers potensial. “Strategi ini dinilai lebih efektif daripada periklanan konvensional,” tegas Chandrawulan. 

Baca Juga: Disbudpar Kota Bandung Klaim Sektor Pariwisata Sudah Pulih

Melalui teknik pemasaran secara langsung, menurut Chandrawulan otomatis para seller dapat menyampaikan pesan yang terasa lebih personal kepada buyers yang disesuaikan dengan kebutuhan dan interest mereka terhadap produk dan layanan Pariwisata itu sendiri.

Sementara Ketua Bidang Restoran & Pemasaran PHRI Jawa Barat, Derry Septiadi dalam keterangannya mengatakan bahwa Direct Promotion merupakan salah satu program kerja yang di rancang oleh PHRI Jawa Barat Bidang Restaurant dan Pemasaran secara mandiri. Kegiatan di buka untuk semua pelaku pariwisata anggota dan non anggota PHRI Jawa Barat, dari hotel, restaurant, object Wisata, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x