Kemenparekraf/Baparekraf Dorong Pelaku dan Industri Ekraf di Sektor Tata Suara

- 13 Oktober 2020, 09:01 WIB
DIREKTUR Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan Mohammad Amin saat memberikan paparan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sound System yang berlangsung di Bandung Fox Harris City Center Hotel.***
DIREKTUR Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan Mohammad Amin saat memberikan paparan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sound System yang berlangsung di Bandung Fox Harris City Center Hotel.*** /Heriyanto Retno

PORTALBANDUNGTIMUR -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung pemahaman pelaku industri musik, seni pertunjukan, dan penerbitan tata suara (sound system). Diharaokan pekerja memiliki kemampuan berdasarkan standar internasional.

Pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sound System yang berlangsung di Bandung Fox Harris City Center Hotel,  Direktur Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan Mohammad Amin, mengungkapkan dalam penyelenggaraan acara, sound system memegang peranan yang sangat penting selain tata cahaya dan tata panggung. Tata suara sebagai teknik pengaturan suara atau bunyi sangat diperlukan pada suatu pertunjukan, pertemuan, rapat, dan lain-lain.

“Tata suara memainkan peran yang sangat penting dalam suatu pertunjukan langsung. Bahkan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari panggung dan bahkan dari acara pertunjukan itu sendiri,” ujar Mohammad Amin.

Baca Juga: Seni Mural dimasa Pandemi

Dijelaksannya, tata suara seringkali dianggap tidak memerlukan keterampilan khusus untuk mengoperasikannya dan memasangnya. Padahal sound system memiliki ilmu dasar yang harus diketahui oleh setiap operator. Sesederhana apapun sound system, akan tetap diperlukan dasar-dasar ilmu yang harus dikuasai oleh operator.

“Untuk itu kami menggelar bimbingan teknis terkait hal ini yang dilakukan dengan metode teori dan praktik selama tiga hari dengan konsep ilmu dasar dari tata suara yang dapat dipelajari dan dipraktikkan dengan tepat, jika dipandu dengan baik dan benar. Selama Bimbingan teknis akan disampaikan beberapa materi antara lain microphone, mixer, equalizer, power amplifier, hingga loudspeaker,” ujar Mohammad Amin

Salah seorang narasumber Bimtek Sound System, David “Klein” Karnadi, menjelaskan salah satu kasus atau masalah utama dalam tata suara adalah microphone.  Karenanya dalam bimtek materi yang disampaikan berkaitan dengan masalah microphone seperti tata cara menggunakan, cara pemilihan microphone, dan cara menggunakan wireless microphone.

Baca Juga: RW Siaga, Kreatif dan Inovatif Berhasil Mengangkat Warganya

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x