Jadwal Sholat untuk Kota Bandung dan sekitarnya, 12 Rajab 1444 Hijriah 3 Februari 2023 Masehi

- 3 Februari 2023, 04:18 WIB
Dalam ajaran agama Islam tertidur seusai sholat subuh tidak disarankan, karena pada waktu itu saatnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala menebarkan rezeki pada umatNya.
Dalam ajaran agama Islam tertidur seusai sholat subuh tidak disarankan, karena pada waktu itu saatnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala menebarkan rezeki pada umatNya. /Portal Bandung Timur/hp siswanti/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Seorang ulama ahli fiqih kelahiran Damaskus, Suriah, Muhammad bin Abi Bakr bin Ayyub bin Sa'd al-Zar'i al-Dimashqi lebih dikenal dengan nama Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Tidur setelah subuh mencegah rezeki. Karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang (makruh) kecuali ada penyebab atau keperluan.”

“Bukan hanya Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah yang bergelar Abu Abdullah Syamsuddin, Rasulullah Shalallahu allaihi wassalam juga menganjurkan umatnya untuk tidak tidak sesudah mengerjakan sholat subuh. Sebagaimana dalam hadist riwayat Thabrani yang berbunyi, ‘Idza shalaytumul-fajra fala tanamuu 'an thalabi arzuqakum’, yang artinya ketika kalian sudah selesai melakukan shalat subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu,”   terang Ustad Didi Saefulloh seorang pemuka agama di Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung.

Dalam ajaran agama Islam, ada beberapa waktu di mana tidur menjadi suatu hal yang tidak dianjurkan. Salah satunya adalah tidur setelah sholat subuh.

Baca Juga: Subduksi Lempeng Indo Australia Beraktivitas, Lampung dan Banten Berguncang

“Bahkan sejumlah alim ulama berpendapat hukum tidur setelah subuh hukumnya makruh karena sangat tidak baik bagi diri kita. Hal ini mengutip dari pendapat Ibnu Qayyim Rahimullah, bahwa di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah sholat subuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghanimah (waktu meraih kebaikan yang banyak),” tambah Ustad Didi Saefulloh.

Pendapat Ibnu Qayyim Rahimullah tersebut menurut Ustad Didi Saefulloh sepaham dengan hadist riwayat Abu Daud, Ibnu Majah maupun Tirmidzi, bahwa Rasulullah Shalallahu allaihi wassalam bersabda yang artinya, ”Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka”. 

Berikut jadwal sholat untuk Kota Bandung dan sekitarnya, 12 Rajab 1444 Hijriah/3 Februari 2023 Masehi;

Imsyak : 04.22 WIB

Subuh  : 04.32 WIB

Terbit   : 05.49 WIB

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x