Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2022, Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS

- 1 Desember 2022, 07:30 WIB
Hari AIDS Sedunia 2022, berikut penjelasan soal HIV AIDS. /Freepik.com./@pikisuperstar./
Hari AIDS Sedunia 2022, berikut penjelasan soal HIV AIDS. /Freepik.com./@pikisuperstar./ /

PORTAL BANDUNG TIMUR - Tanggal 1 Desember disepakati sebagai Hari AIDS Sedunia (HAS). Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Imran Pambudi mengatakan, peringatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat mengenai pentingnya pencegahan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam pengendalian HIV/AIDS.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, tema global peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2022 yaitu Equalize. Disebutkan, tema ini dipilih mengingat pentingnya mengakhiri ketidaksetaraan yang mendorong terjadinya AIDS di seluruh dunia, khususnya pada perempuan, anak, dan remaja.

"Tanpa tindakan nyata dan terukur terhadap ketidaksetaraan, dunia termasuk Indonesia berisiko tidak mencapai target untuk mengakhiri AIDS pada tahun 2030," ungkap Imran Pambudi.

Imran Pambudi menerangkan, untuk tema Hari Aids Sedunia tingkat nasional adalah Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS. Menurutnya, tema ini mengajak kita semua untuk mengulurkan tangan, bergerak bersama, sebagai kekuatan terbesar untuk mengakhiri AIDS di Indonesia dengan mengusung kesetaraan bagi semua, khususnya perempuan, anak, dan remaja.

Sesuai dengan tema tersebut, kata dia, pihaknya kembali mengingatkan betapa pentingnya peran dari seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan penanggulangan HIV-AIDS yang ditandai dengan dengan tercapainya Three Zero, yaitu zero infeksi baru HIV, zero kematian terkait AIDS, dan zero stigma-diskriminasi.

“Diperlukan dukungan semua pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan tersebut, baik oleh pemerintah Pusat dan daerah, akademisi/praktisi, masyarakat, swasta, dan media di sektor kesehatan dan di luar sektor kesehatan,” pungkasnya.***

Editor: Syiffa Ryanti

Sumber: Kemenkes RI


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x