Total 67 Orang Tewas dan 20 Orang Hilang, Bencana Alam Banjir Bandang Lahar Dingin di Sumatera Barat

- 20 Mei 2024, 07:11 WIB
Infografis dampak bencana ala banjir bandang lahar dingin di Provinsi  Sumatera Barat.
Infografis dampak bencana ala banjir bandang lahar dingin di Provinsi Sumatera Barat. /Tangkapanlayar Instagram @bnpb/

PORTAL BANDUNG TIMUR – Badan  Nasional Penanggulangan Bencana Senin 20 Mei 2023 merilis dampak bencana alam banjir lahar hujan atau galodo yang melanda wilayah Sumatra Barat pada Sabtu 11 Mei 2024 lalu. Dampak banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi mengakibatkan 67 orang tewas dan 20 lainnya dinyatakan hilang serta wilayah terdampak mencakup 6 wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumater Barat.

Sebagaimana dikutip dari data  Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada pembaharuan data termutakhir total korban jiwa sebanyak 67 orang meninggal dunia dan 20 orang dinyatakan hilang.

Jumlah tersebut didapat setelah Pusdalops BNPB bersama dengan posko provinsi dan kabupaten dan kota terdampak dengan melakukan inventarisasi data by name by address (BNBA). Juga  hasil Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumatra Barat.

Baca Juga: Banjir Bandang Lahar Dingin di Sumatera Barat Sudah di Prediksi, Ini Kata BMKG

Adapun rincian termutakhir, di Kabupaten Tanah Datar wilayah terdampak sebanyak 6 wilayah kecamatan. Korban jiwa sebanyak 29 orang meninggal dunia, lima orang meninggal dunia belum terindentifikasi dan 13 orang hilang belum diketemukan dan korban luka 20 orang.

Di Kabupaten Agam, wilayah terdampak sebanyak 11 wilayah kecamatan.  Sebanyak 22 orang meninggal dunia, 1 orang hilang dan korban luka sebanyak 16 orang. Kota Padang Panjang wilayah terdampak 2 kecamatan dengan 2 orang meninggal dunia dan 1 orang luka-luka.

Di Kabupaten Padang Pariaman wilayah terdampak 2 kecamatan dengan korban 12 orang dan 6 orang dinyatakan hilang. Di Kabupaten Lima Puluh Kota wilayah terdampak 5 kecamatan tidak ada korban jiwa hanya 544 kepala keluarga terdampak banjir. Di Kota Padang korban jiwa 2 orang meninggal dan seorang mengalami luka.

Pasca banjir bandang lahar dingin, upaya penanganan yang masih terus dilakukan. Pencarian terhadap 20 orang korban yang dinyatakan hilang.

Baca Juga: Korban Terjangan Lahar Dingin Marapi dan Banjir Bandang Sumatera Barat Capai 43 orang dan 15 Hilang

Dikatakan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto S.Sos.,M.M., hingga hari ini, upaya pencarian dan penyelamatan korban yang dilaporkan hilang masih dilanjutkan. Proses pencarian dan penyelematan akan dilaksanakan sampai keluarga korban merasa cukup.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: bnpb.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah