Rabiulawal 1442 H Jatuh Pada 17 Oktober 2020

- 16 Oktober 2020, 08:35 WIB
Foto hilal dok. BMKG.*** /Heriyanto Retno/Dok. BMKG

PORTAL BANDUNG TIMUR.-

Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam untuk menentukan hari besar dan bulan. Penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi.

Sebagaimana dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat 16 Oktober 2020, bahwa prakiraan hilal saat matahari terbenam akan terjadi hari besok tanggal 17 Oktober 2020 Masehi sebagai penentu awal bulan Rabiulawal 1442 Hijriah.

“Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah, salah satu tupoksinya adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah dan untuk itu, BMKG menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam, pada hari Sabtu, tanggal 17 Oktober 2020 M sebagai penentu awal bulan Rabiulawal 1442 Hijriah,” ujar Iswanudin dari BMKG.

Baca Juga: Hari Pangan Sedunia 2020, ‘Tanam, Pelihara, Lestarikan Bersama’

Dikatakannya, keteraturan peredaran bulan dalam mengelilingi bumi, dan bumi dengan bulan dalam mengelilingi matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu. Salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi.

“Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadan, hari raya Idul Fitri, dan hari raya Idul Adha. Dan informasi yang disampaikan disini meliputi  waktu konjungsi (Ijtima') dan waktu terbenam matahari, peta ketinggian hilal, peta elongasi  objek astronomis lainnya yang berpotensi mengacaukan Rukyat Hilal,” pungkas Iswanudin. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X