Gempa Bumi Hari Ini di Wilayah Jawa Barat Guncang 3 Wilayah Berpusat di Darat maupun Laut

- 26 Mei 2024, 19:02 WIB
Peta pusat gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten garut dan sekitarnya Minggu 26 Mei 2024.
Peta pusat gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten garut dan sekitarnya Minggu 26 Mei 2024. /Tangkapanlayar Instagram @bmkgwilayah2/

PORTAL BANDUNG TIMUR – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BBMKG Wilayah II Tanggerang menginformasikan Minggu 26 Mei 2024 tiga wilayah di Jawa Barat di guncang gempa bumi tektonik. Pada dinihari gempa bumi melanda wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya dan pagi hari mengguncang KJota Sukabumi serta pada petang hari mengguncang Kabupaten Garut.

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur pada pukl 03.50 WIB berkekuatan magnitudo 2.3, berpusat di drat  pada kedalaman 22 kilometer. Episenter gempa bumi berada di 6.88 derajat Lintang Selatan dan 107.13 derajat Bujur Timur atau di 6 kilomete Barat Daya pusat pemerintahan Kabupaten Cianjur Jawa Barat di kecamatan Cianjur Kota.

Baca Juga: Gempa Bumi Hari Ini, Kabupaten Cianjur dan Sekitarnya Rasakan Guncangan Lini

Sementara pagi hari pada pukul 08.19 WIB gempa bumi tektonik telah mengguncang wilayah Kota Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya. Gempa berkekuatan magnitudo 2.6 berpusat di pesisir selatan dikedalaman 31 kilometer berada di 7.69 derajat Lintang Selatan dan 106.99 derajat Bujur Timur atau 86 kilometer Tenggara Kota Sukabumi.

Sedangkan gempa bumi yang terjadi petang hari pukul 17.35 WIB dirasakan masyarakat di wilatah Kabupaten Garut dan sekitarnya dengan kekuatan magnitudo 2.6. Gempa bumi berpusat di laut pesisir selatan Jawa Barat pada kedalaman 22 kilometer dengan episenter di 8.02 derajat Lintang Selatan dan 107.32 derajat Bujur Timur atau 109 kilometer Barat Daya pusat pemerintahan Kabupaten Garut.

Baca Juga: Gempa Bumi Hari Ini, Gempa Landa Kabupaten Cianjur Karena Sesar Cugenang

Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang Hartanto mengingatkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” kata Hartanto mengingatkan.

Adapun informasi bisa di dapat dari Instagram dengan alamat @bmkgwilayah2 serta di Twitter atau X dengan alamat @infoBMKG. Juga dialamat website https://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Instagram @bmkgwilayah2


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah