Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Menggelar Bintek

- 16 Oktober 2020, 10:32 WIB
Dinsos Provinsi Jabar Menggelar Bimtek Pemberdayaan Kapasitas PSM Melalui Kegiatan PSPKKN Tahun 2020.*** /Robi Gani

PORTAL BANDUNG TIMUR -

Pedoman Pemberdayaan Pekerja Sosial Masyarakat merupakan acuan dan landasan sekaligus rambu-rambu bagi semua pihak yang terlibat agar terlaksana secara terarah, efektif, efisien, danberkelanjutan serta tercipta kesamaan persepsi dan pemahaman dalam pemberdayaan pekerja sosial masyarakat.

Dinas Sosial Jawa Barat menggelar bimtek bagi PSM (Pekerja Sosial masyarakat) di Harris Hotel & Convention Festival Citylink Bandung (15/10/2020) Ibu Elis Kartini selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial memaparkan pemantapan bagi PSM sebagai salah satu pilar sosial untuk lingkup desa bertujuan meningkatkan kualitas PSM yang ada di masyarakat supaya lebih mengenal kiprahnya.

Elis Kartini menegaskan “Peserta PSM se-Jabar sebanyak 110 orang,dengan perwakilan 100 orang dari 27 kabupaten & kota, artinya dari Jawa Barat itu sendiri ada 5.957 desa dan kelurahan secara proposional tergantung dari jumlah desanya di karenakan kwota dari kursi yang tersedia hanya untuk 100 orang dan 10 orang lagi dari IPSN (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) di tingkat Provinsi Jabar”.

Baca Juga: Kabar Gembira Cinema XXI Mulai Dibuka Kembali di Bandung

IPSM sebagai pilar kesejahteraan sosial yang paling dekat dengan masyarakat, dapat mengaktualisasikan diri sebagai mitra kerja sosial yang dapat membantu setiap permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan untuk perlunya pergi ke Rumah Sakit dengan bantuan PSM lebih mempermudah.

Untuk masalah bantuan pendidikan dari Pemerintah bisa juga di fasilitasi oleh PSM dan mereka bekerja tanpa pamrih dan tanpa gazi dari pemerintah, bekerja dengan hati nurani dan berkeyakinan mendapatkan pundi – pundi dari Bank Central Akherat, akhir kata dari Ibu Elis Kartini, Kabid Pemberdayaan Sisial Dinsos Jabar.

Sementara itu Eka Wardhana Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Jawa Barat menerangkan bahwa “PSM seorang relawan yang berkeinginan berdarma bakti kepada pemberdayaan sosial masyarakat dengan pelatihan dan memiliki sertifikat atau tersetifikasi.

Baca Juga: WhatsApp Menjadi Messenger Terbaik Dunia

Halaman:

Editor: Agus Safari


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

DLHK Cianjur Tindaklanjuti Sampah B3

15 Oktober 2020, 22:25 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X