Sampah Menggunung di Kota Bandung, Kang Yana Ajak Warga Berkolaborasi

- 25 Januari 2023, 20:44 WIB
Sampah di TPS Cikutra di Jalan Cikutra  Kelurahan  Sukanegla Kecamatan Cibeunying Kaler, Rabu 25 Januari  2023 mulai menggunung  memenuhi TPS.
Sampah di TPS Cikutra di Jalan Cikutra Kelurahan Sukanegla Kecamatan Cibeunying Kaler, Rabu 25 Januari 2023 mulai menggunung memenuhi TPS. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kota Bandung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti Cipatat Kabupaten Bandung Barat kembali temui kendala. Disejumlah TPS Kota Bandung sampah mulai terjadi penumpukan akibat pengangkutan hanya dapat dilakukan sekali angkut.

"TPA Sarimukti (Cipatat)  kini jalannya rusak yang mengakibatkan ritase berkurang. Mudah-mudahan ikhtiar kita melalui kang pisman bisa mereduksi sampah. Mari kita sama-sama membereskan masalah sampah di tempat," ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana, kepada awak media Rabu 25 Januari 2023.

Dikatakan Yana Mulyana,  produksi sampah Kota Bandung setiap harinya mencapai 1.200 ton. “Bila tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi masalah besar,” ujar Yana Mulyana.

Terhadap permasalahan penanganan sampah di Kota Bandung, Yana Mulyana mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi mengelola sampah di Kota Bandung . “Melalui pengolahan sampah mandiri dengan Kang Pisman berupa Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan sampah, permasalahan sampah dapat diminimalisir ataupun dikurangi,” ujar Yana Mulyana.

Baca Juga: Kemenag Sebut 5 Materi Seleksi Petugas Haji 2023 dengan Skema CAT, Apa Saja

Kolaborasi dari semua pihak, menurut Yana Mulyanga harus mulai dari pengurus lingkungan, komunitas hingga masyarakat umum, sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Bandung

“Kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dapat menyelesaikan berbagai masalah perkotaan, termasuk sampah, Insyaallah selama kita bekerja sama dan berkolaborasi, pasti bisa. Mari kita sama-sama membangun Bandung menjadi semakin baik," ujar Yana Mulyana. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x