BP Rebana - IKA UNPAD Dukung Pengembangan Kawasan Metropolitan Rebana Jabar

- 22 Januari 2024, 21:06 WIB
BP Rebana - IKA UNPAD Dukung Pengembangan Kawasan Metropolitan Rebana Jabar
BP Rebana - IKA UNPAD Dukung Pengembangan Kawasan Metropolitan Rebana Jabar /IG @ridwankamil/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat, BADAN Pengelola Kawasan Rebana (BP Rebana) dan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) menandatangani Perjanjian Wilayah Metropolitan Rebana.

Penandatanganan dilakukan Kepala Pelaksana BP Rebana Bernardus Djonoputro dan Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan, di Kantor Sekretariat IKA Unpad, Jakarta, Senin 22 Januari 2024.

Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan mengatakan perjanjian ini menandai langkah penting dalam mempromosikan dan mendukung pengembangan wilayah metropolitan Rebana, Jawa Barat, sebagai pusat pertumbuhan baru di Provinsi Jawa Barat.

Kawasan metropolitan Rebana ini, tutur Teh Ira - sapaan akrab Irawati Hermawan, adalah wilayah tujuh kota dan kabupaten yang terdiri dari Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kota Cirebon.

"Dengan populasi penduduk mencapai 10 juta jiwa, wilayah metropolitan Rebana memiliki potensi luar biasa," kata teh Ira.

Selain modal penduduk, jelas dia, wilayah ini juga dilengkakpi pintu gerbang darat, laut, dan udara. Pintu gerbang darat ditandai dengan diresmikannya Jalan Cisundawu, sedangkan pintu udara dan laut ditandai dengan beroperasinya Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban.

"Wilayah ini akan semakin menarik dengan rencana pengembangan 13 kota baru berbasis industry + yang mencakup area seluas 3.912,94 hektare," ujarnya.

Teh Ira, menyatakan dukungan terhadap pengembangan wilayah Rebana, Jawa Barat, ini juga sebagai perwududan salah satu misi IKA Unpad yaitu pengabdian kepada bangsa dan negara.

"IKA Unpad selama delapan bulan ke depan akan fokus untuk menjalankan berbagai inisiatif mempromosikan kawasan metropolitan Rebana agar lebih banyak investasi masuk di Rebana yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian Jawa Barat secara signifikan," tegasnya

Halaman:

Editor: Dharmasurya Denni


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x