Pengguna Mobil Listrik Kini Bisa Ngecas di Tiang Listrik

- 9 Januari 2024, 14:52 WIB
Semakin Mudah, Pengguna Mobil Listrik Kini Bisa Ngecas di Tiang Listrik
Semakin Mudah, Pengguna Mobil Listrik Kini Bisa Ngecas di Tiang Listrik /PLN

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pemerintah terus menggenjot akselerasi ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Tanah Air. PT PLN (Persero) sebagai salah satu BAndan Usaha Milik Negara (BUMN) menujukkan keseriusannya dalam mendukung upaya tersebut. Salah satunya dengan dengan menjadikan aset tiang listrik, sebagai stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kemudahan pengisian daya mobil listrik.

Inovasi tersebut merupakan bentuk keseriusan PLN untuk menunjang infrastruktur ekosistem EV," ungkap Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangannya, Selasa, 9 Jnuari 2024.

Ia mengatakan, pihaknya sangat serius untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik, karena terbukti lebih irit bagi masyarakat. Selain itu, lanjut dia, kendraan listrik mampu mengurangi emisi karbon secara signifikan, sehingga target net zero emission (NZE) di tahun 2060 bisa dicapai atau bahkan bisa lebih cepat.

Ia menjelaskan, PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi menghadirkan EV charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN. Menurutnya, keberadaan EV charging tersebut diharapkan dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

"PLN berkomitmen untuk mendukung kokohnya ekosistem EV di tanah air. Melalui beragam inovasi yang terus berkembang, kami berharap masyarakat semakin yakin untuk beralih ke kendaraan listrik karena stasiun pengisiannya makin mudah dijumpai," ujarnya

Sementara itu, Direktur Utama PLN Enjiniring Chairani Rachmatullah merinci bahwa saat ini sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi.

Saat ini, lanjut dia, terdapat dua jenis kapabilitas SPKLU PLN EYE, ialah 7 kilowatt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk pole mounted charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

"Selanjutnya, bakal dilakukan asesmen dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU pole mounted charging," tambahnya.

Chairani mengatakan berkah transformasi digital tersebut membikin keberadaan SPKLU PLN makin mudah untuk ditemukan dengan support SuperApp PLN Mobile.

"Pengguna EV cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle maka otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat bakal ditemukan," pungkasnya.***

Editor: Syiffa Ryanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x