Prof. Fani Tegaskan Jabar Butuh Pembangunan Infrastruktur Secara Berkesinambungan

- 29 Februari 2024, 16:06 WIB
WJES 2024 Kick Off di KPw BI Provinsi Jawa Barat, Kamis 29 Februari 2024.
WJES 2024 Kick Off di KPw BI Provinsi Jawa Barat, Kamis 29 Februari 2024. /dharmasurya

PORTAL BANDUNG TIMUR - Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Bandung – Koordinator Jawa Barat (ISEI Jabar), Prof. Martha Fani Cahyandito mengegaskan jika Provinsi Jawa Barat memerlukan pembangunan infrastuktur secara berkesinambungan.

"Hal ini diperlukan guna meningkatkan daya saing daerah serta mewujudkan pertumbuhan yang dibarengi dengan pemerataan ekonomi," kata Prof. Fani dalam WJES 2024 Kick Off di KPw BI Provinsi Jawa Barat, Kamis 29 Februari 2024.

Menurut Prof. Fani konektivitas, baik jalan tol maupun nasional, sangat dibutuhkan untuk menghubungkan sentra-sentra pertumbuhan baru di Jabar Selatan dan Kawasan Rebana Metropolitan. Selain itu juga untuk memperkokoh jalur distribusi dan kelancaran rantai pasok aneka produk manufaktur dan hasil alam Jawa Barat.

"Sepanjang tahun 2023, terdapat beberapa Proyek Stategis Nasional (PSN) yang telah berhasil dibangun di Jawa Barat antara lain: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Tol Cisumdawu, Pelabuhan Patimban, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, serta beberapa proyek bendungan," katanya.

Oleh karena itu, melalui WJES Kick Off menjadi penanda bergulirnya seluruh rangkaian WJES 2024 menjadi upaya penyelarasan dengan target Pemprov Jawa Barat untuk mendorong pembangunan dan optimalisasi berbagai infrastruktur sebagai upaya dalam menarik investor dan mengembangkan investasi di Jawa Barat.

Ajang Kolaborasi Akselerasi Pembangunan di Jawa Barat

Prof. Fanni menuturkan WJES merupakan ajang kolaborasi BI dan ISEI Jabar untuk mendiskusikan dan mempertajam gagasan-gagasan yang diharapkan bermanfaat dalam mengakselerasi pembangunan ekonomi di Jawa Barat.

"Karena itulah, selain seminar pembuka dan berbagai kegiatan lain, WJES 2024 menyelenggarakan Call for Recommendative Papers dimana para pengkaji, peneliti dan praktisi diundang untuk menyumbangkan ide-ide bernas bagi percepatan pembangunan ekonomi Jabar di berbagai sektor perekonomian dan dari beragam sudut pandang," katanya.

Melalui tema WJES 2024, jelasnya, kita ingin terus mengawal komitmen pemerintah dalam meningkatkan investasi di dua kawasan pertumbuhan: Rebana dan Jabar Selatan, melalui penerbitan Peraturan Presiden Republik Indonesia No.87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Halaman:

Editor: Dharmasurya Denni


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x