Libur Nataru, Penumpang di Bandara Soetta Alami Lonjakan

- 2 Januari 2023, 04:55 WIB
Selama libur Natal dan Tahun Baru terjadi 900 penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Selama libur Natal dan Tahun Baru terjadi 900 penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta sepanjang libur nasional Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mengalami lonjakan hingga 22 persen. Lonjakan penumpang ditenggarai dengan pencabutan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal tersebut disampaikan  Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno Hatta M Holik Muardi dalam siaran persnya. "Untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini terlihat lebih tinggi dibanding dari tahun lalu, mungkin karena tahun ini merupakan tahun pertama tidak diterapkannya aturan PPKM,” ujar M Holik Muardi.

Disampaikan Holik Muardi, pencabutan PPKM terlihat sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandara Soetta. Jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara Soetta) meningkat antara 115 hingga 120 ribu orang pada Minggu 1 Desember 2023. “Peningkatan kemungkinan akan terjadi pada Senin (2 Januari 2023) seiring dengan kembali aktivitas masyarakat untuk bekerja dan sekolah,” ujar Holik Muardi.

Baca Juga: Tahun 2022 Terjadi 10 Ribu Lebih Gempa Bumi, di Kabupaten Cianjur Paling Banyak Kerusakan dan Korban Jiwa

Secara keseluruhan menurut Holik Muardi, jumlah penumpang Bandara Sotta pada libur Nataru 2022 mengalami kenaikan hingga 22 persen dibandingkan tahun 2021. "Selama libur Nataru, setiap hari terjadi 900 penerbangan yang berangkat dari Bandara Soetta, dan penerbangan cukup lancar meski sempat terkendala pada penerbangan pagi hari akibat cuaca,” ujar Holik Muardi.

Sementara terkait dengan peningkatan jumlah penumpang yang datang dan berangkat secara keseluruhan menurut Holik Muardi, paling banyak dari dan ke Bandara Kualanamu Medan, Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya dan Hasanuddin Makassar.  "Memang sempat terkendala akibat cuaca, setidaknya ada empat jadwal penerbangan yang mengalami keterlambatan yaitu dari Bali, Pekanbaru dan Makassar, tapi semuanya lancar terkendali,” pungkas Holik Muardi. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x