Bio Farma, WHO, MPP dan CEPI Kolaborasi Tingkatkan Ketersedian Vaksin

- 17 Januari 2024, 12:15 WIB
Bio Farma, WHO, MPP dan Cepi Kolaborasi Tingkatkan Ketersedian Vaksin di Kawasan Selatan Global
Bio Farma, WHO, MPP dan Cepi Kolaborasi Tingkatkan Ketersedian Vaksin di Kawasan Selatan Global /dok bio farma

PORTAL BANDUNG TIMUR - Belum lama ini PT Bio Farma menerima kunjungan dari perwakilan World Health Organization/WHO Kantor Pusat di Jenewa, SEARO dan Kantor Perwakilan  Indonesia), Medicine Patent Pool (MPP), dan Coalition Epidemic Preparedness Innovatiion (CEPI).

Dalam kunjungan tersebut, dibahas implementasi Program Alih Teknologi mRNA dan potensi peran PT Bio Farma dalam memajukan pemerataan akses vaksin ke wilayah Global South jika terjadi wabah dan pandemi.

Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya mengatakan PT Bio Farma menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan delegasi dari MPP, CEPI, dan WHO.

"Kami berharap pengalaman kami yang luas, dalam pembuatan vaksin akan bermanfaat dalam upaya bersama untuk menyediakan akses terhadap vaksin di Wilayah Selatan Global," kata Shadiq Akasya dalam keterangan resminya.

Shadiq Akasya menuturkan adapun tujuan dari kunjungan bersama ini adalah untuk melihat kesiapan PT Bio Farma dalam mengimplementasikan teknologi pembuatan mRNA.

Selain itu, juga berbagi strategi PT Bio Farma dalam penmgembangan vaksin, khususnya untuk menyasar penyakit-penyakit yang endemis di Kawasan Asean.

Kegiatan dan fasilitas yang didukung di bawah kemitraan CEPI-PT Bio Farma juga dinilai dan didiskusikan dalam pertemuan bilateral selama kunjungan lapangan. PT Bio Farma merupakan produsen vaksin yang telah mapan dalam memproduksi berbagai macam vaksin, yang sebagian besar telah memenuhi persyaratan prakualifikasi WHO.

"Kolaborasi ini akan memperkuat peran PT Bio Farma dalam pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons terhadap pandemi dengan mengamankan penyediaan vaksin ke negara-negara di belahan bumi Selatan, terutama jika terjadi pandemi sehingga mendorong pemerataan vaksin di wilayah tersebut," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dr Matthew Downham, Direktur Manufaktur dan Jaringan Rantai Pasokan di CEPI mengatakan, pihaknya bangga dapat berkontribusi dalam perluasan fasilitas manufaktur kelas dunia milik PT Bio Farma.

Halaman:

Editor: Dharmasurya Denni


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x