Sepanjang Pandemi Covid-19, Turun 50 Persen Wisatawan ke Bandung

- 20 Maret 2021, 04:00 WIB
Wisatawan domestik sekitar Kota Bandung tengah menikmati air mancur di Taman Vanda Jalan Merdeka Kota Bandung pada akhir pekan lalu.
Wisatawan domestik sekitar Kota Bandung tengah menikmati air mancur di Taman Vanda Jalan Merdeka Kota Bandung pada akhir pekan lalu. /Portal Bandung Timur/heriyanto

 

PORTAl BANDUNG TIMUR - Kunjungan wisatawan ke Kota Bandung sepajnjang pandemi Covid-19 turun hingga 50 persen. Tahun 2020 kunjungan wisatawan ke Kota Bandung mencapai 3,2 juta orang atau turun 50 persen dari tahun sebelumnya.

Disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Tantan Surya pada dialog Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung. “Terjadi penurunan sebesar 50 persen atau berkisar 3,2 juta wisatawan, jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan pada tahun 2019 yang  mencapai sekitar 7,4 juta,” ujar Tantan Surya.

Sementara untuk wisatawan mancanegara menurut Tantan Surya, pada tahun 2019 mencapai 350 ribu orang. Sementara pada tahun 2020 mencapai 21 ribu orang.

Baca Juga: Bandung Lautan Api, Dikenang Mayor Tarmidi dengan Senyuman

Dikatakan Tantan Surya perolehan data kujungan wisatawan ke Kota Bandung di dapat berdasarkan jumlah kedatangan dari bandara, stasiun kereta api dan terminal. “Mungkin jumlahnya ada lebih sedikit bila ditambah dengan data dari jumlah kendaraan yang masuk lewat pintu tol,” ujar Tantan Surya.

Dampak penurunan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bandung menurut Tantan Surya, berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diterima Pemkot Bandung.  Pada tahun 2020 PAD Kota Bandung dari sektor pariwisata mengalami penurunan penerimaan menjadi sekitar Rp391 miliar.

“Untuk kisaran jumlah tersebut kami dapat dari okupansi hotel, restoran dan hiburan. Pada tahun sebelumnya sekitar Rp780 miliar atau sekitar 33 persen dari PAD,” ujar Tantan Surya.

Baca Juga: Kata Menpora, Tentang Tim Bulu Tangkis Indonesia Harus Mundur

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah