Kembali, Pemerintah Berikan Stimulus Listrik

- 26 Maret 2021, 12:56 WIB
Petugas teknisi PLN tengah memperbaiki jaringan. Pemerintah berencana kembali memberikan stimulus bagi pelanggan listrik untuk periupde April hingga Juni 2021.
Petugas teknisi PLN tengah memperbaiki jaringan. Pemerintah berencana kembali memberikan stimulus bagi pelanggan listrik untuk periupde April hingga Juni 2021. /Portal Bandung Timur/heriyanto

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha  dan sosial pada bulan April hingga Juni 2021. Pemberian stimulus listrik diberikan sebagai bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Pada Surat Edaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April hingga Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya. Ketemtuan tersebut diberikan, pertaman pada pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Kedua, pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. Dan ketiga, pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Baca Juga: Earth Hour 2021, Oded M. Danial Ajak Warga Kota Bandung Tunjukan Kepedulian Pada Dunia

“PLN siap mendukung dan menjalankan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak Covid-19. Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar,” jelas Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril.

Disampaikan Bob Saril, PLN berharap hadirnya stimulus listrik dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif. Selain itu, meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Bagi pelanggan pascabayar, menurut Bob Saril, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” ujar Bob Saril.

Baca Juga: Dadang Supriatna, Bertekad Berikan Porsi Belanja Publik Lebih Besar  

Disampikan Bob Saril, PLN menekankan bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pasca bayar. Karena ada perubahan besaran stimulus maka diskon langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x