Jerry, Kontribusi Ekspor Pakaian Muslim Cukup Signifikan

- 23 Oktober 2022, 04:10 WIB
Peragaan busana muslim di ajang Parade 3 Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Banten.
Peragaan busana muslim di ajang Parade 3 Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Banten. /Foto : Biro Humas Kemendag/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kontribusi ekspor pakaian muslim cukup signifikan dalam neraca perdagangan. Nilai ekspor pakaian muslim sebesar USD 2,8 miliar pada semester I-2022 dan neraca perdagangan hingga September 2022 tercatat USD 38,9 miliar.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga pada sambutannya dalam Parade 5 Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Tangerang, Banten. “Fesyen muslim berperan penting dengan memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam neraca perdagangan, tercatat cukup banyak buyerdari berbagai negara yang hadir di acara ini,” ujar  Wamendag Jerry Sambuaga.

Disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga, perjanjian perdagangan terkini yang telah selesai diratifikasi salah satunya Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA). IUAE CEPA diharapkan dapat lebih membuka akses pasar ke Uni Emirat Arab dan sekitarnya.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan List Obat di Duga Penyebab Gangguan Ginjal Akut Dipublikasikan, Ini Daftar Obatnya

Dikatakan Wamendag Jerry Sambuaga, Kementerian Perdagangan juga mendorong penjajakan bisnis antara buyer dan jenama Indonesia untuk mendorong pemasaran produk fesyen muslim ke luar negeri lewat ajang JMFW 2023. Dorongan ini diwujudkan pemerintah melalui penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37

.Wamendag Jerry Sambuaga juga melayangkan apresiasi kepada segenap jenama Indonesia, desainer, tim pelaksana, dan seluruh pihak yang telah mendukung JMFW 2023. Apresiasi jga ditujukan kepada pedukung lainnya atas komitmennya mensukseskan JMFW 2023 dan mendorong produk Indonesia go global.

Disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga, pihaknya sangat berharap akan banyak pula terwujud transaksi dan kontak dagang dengan jenama Indonesia. "Pengunjung TEI tidak hanya bisa melihat, tapi juga bisa membeli. Mari kita bangga buatan Indonesia. Namun, tidak hanya bangga, tetapi juga membeli dan memakai,"ujar Wamendag Jerry Sambuaga.

Baca Juga: Bukan Hanya Keracunan Obat, Diare dan ISPA Juga Bisa Picu Gagal Ginjal

Ditegaskan Wamendag Jerry Sambuaga, Kementerian Perdagangan berkomitmen menyediakan jalan tol melalui berbagai perjanjian perdagangan dengan negara lain. Sehingga, produk Indonesia dapat lebih mudah masuk ke negara lain.

JMFW 2023 merupakan inisiasi Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).  Kali ini, panggung Parade 3 menampilkan fesyen muslim karya Barli Asmara, Dear Dein x Atas Bawah, Itang Yunasz, Buttonscarves x Benang Jarum, Jenna & Kaia, dan Khanaan.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah