Tingkat Hunian Hotel di Kabupaten Cianjur Terus Meningkat, Karena Ada Ini

- 17 Oktober 2022, 09:00 WIB
Wisatawan tengah menikmati kesejuan air sungai di pegunungan. Tingkat hunian hotel di Kabupaten Cianjur terus mengalami peningkatan hingga 70 persen.
Wisatawan tengah menikmati kesejuan air sungai di pegunungan. Tingkat hunian hotel di Kabupaten Cianjur terus mengalami peningkatan hingga 70 persen. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Tingkat hunian hotel di Kabupaten Cianjur terus mengalami peningkatan di masa pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19. Rata-rata tingkat hunian hotel di Kabupaten Cianjur pada akhir pekan sudah mencapai di atas 50 persen mendekati 70 persen.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur,  Pratama Nugraha bahwa selama pemantauan pihaknya mencatat rata-rata tingkat hunian hotel pada akhir pekan mulai membaik. “Dalam satu bulan terakhir mengalami peningkatan 70 persen, terutama pada libur akhir pekan dengan lama menginap lebih dari satu hari,” terang Kadis Budpar Kabupaten Cianjur Pratama Nugraha kepada Portal Bandung Timur, Senin 17 Oktober 2022.

Meningkatnya okupasi hotel di Kabupaten Cianjur menurut Pratama Nugraha, juga diimbangi dengan peningkatan angka kunjungan wisatawan. "Angka kunjungan wisatawan didominasi dari Jabodetabek yang biasanya sekitar 700 kamar pada akhir pekan, saat ini naik menjadi sekitar 1.200 kamar,” terang Pratama Nugraha.

Baca Juga: TENANG, Pengrajin Tahu dan Tempe di Kota Bandung Urung Menggelar Aksi Mogok Produksi Hari Ini

Berdasarkan keterangan dari sejumlah pihak pengelola menurut Pratama Nugraha, tingkat kunjungan didominasi karyawan perusahaan swasta dan pegawai pemerintah dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Umumnya hunian meningkat dikarenakan bersamaan dengan kegiatan instansi swasta maupun pemerintahan menyelenggarakan kegiatan di hotel bernuansa alam.

Dikatakan Pratama Nugraha, tahun 2022 pihaknya memasang target kunjungan wisatawan ke Kabupaten Cianjur sebanyak 1,9 juta. Untuk mencapai target tersebut sejumlah kegiatan skala regional maupun nasional diselenggarakan.

“Ada beberapa event yang sengaja kami (Pemerintah Kabupaten Cianjur) selenggarakan, seperti berbagai event seni budaya. Tapi kebanyakan event juga diselenggarakan pihak swasta maupun instansi pemerintahan di wilayah Jabodetabek,” tutup Pratama Nugraha yang berharap kondisi tersu membaik dan perekonomian kembali meningkat. (dani jatnika)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x