Menparekraf Sandiaga Uno,  Capai Target Kinerja Kemenparekraf Tahun 2023 Butuh Kolaborasi Pentahelix

- 20 Desember 2022, 04:09 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan arahan di Rakornas Parekraf 2022 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan arahan di Rakornas Parekraf 2022 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta. /Foto : Biro Komunikasi Kemenparekraf/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin target kinerja Kemenparekraf/Baparekraf di tahun 2023 dapat tercapai. Target kinerja tahun 2023 dapat tercapai melalui upaya kolaboratif bersama stakeholders pentahelix.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan arahan di Rakornas Parekraf 2022. Bertempat di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, disampaikan target kinerja Kemenparekraf di tahun 2023 berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024. 

“Untuk devisa pariwisata di tahun 2023 ditargetkan antara 2,07 hingga 5,95 miliar dolar AS. Target tersebut diantaranya di dapat dari kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 3,5 hingga  7,4 juta kunjungan serta wisatawan nusantara sebesar 1,2-1,4 miliar pergerakan,” ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca Juga: Kecelakaan di KCJB, 2 Meninggal Peristiwa Masih Diselidiki

Selain itu menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, juga dari serapan tenaga kerja pariwisata yang ditargetkan sebanyak 22,4 juta orang di sektor pariwisata. Serta dari 22,59 juta orang di sektor ekonomi kreatif.

Kemudian, kontribusi pariwisata terhadap PDB menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mencapai 4,1 persen. Nilai tambah ekonomi kreatif sebesar Rp1.279 triliun dan nilai ekspor ekraf sebesar 26,46 miliar dolar AS.

“Kami optimistis target yang fantastis di tahun depan bisa kita capai walaupun kita mengalami kontraksi dari segi anggaran. Tapi dengan kolaborasi dan sinergi antara kementerian dan lembaga, mudah-mudahan kita bisa mencapai target maksimal di tahun depan,” ujar  Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berharap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreratif pada tahun 2023 dapat semakin inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan. Konsep pariwisata yang personalized, localized, customized, dan smaller in size selaras dengan harapan untuk mewujudkan pariwisata yang lebih berkualitas.

Baca Juga: Wartawan Foto Bandung Berbicara Lewat 122 Karya Foto  di Kilas Balik 22 Tahun WFB

“Melalui tren ini kita dapat memahami keinginan dan minat konsumen untuk berwisata. Dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen saat berwisata, kita akan lebih mudah menawarkan produk-produk wisata,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x