Tenang, Tahun 2024 Bantuan Pangan bagi 22 Juta KPM dan Bantuan Stunting bagi 1,45 Juta KRS Kembali Ada

- 8 November 2023, 13:15 WIB
Warga mengantri di Kantor RW 14 Komplek Cibogo Permai, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi untuk mendapatkan beras Bantuan Cadangan Pangan dari pemerintah pusat. Tahun 2024 Pemerintah kembali akan memberikan Bantuan Pangan bagi 22 Juta KPM.
Warga mengantri di Kantor RW 14 Komplek Cibogo Permai, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi untuk mendapatkan beras Bantuan Cadangan Pangan dari pemerintah pusat. Tahun 2024 Pemerintah kembali akan memberikan Bantuan Pangan bagi 22 Juta KPM. /Portal Bandung Timur/may nurohman/

PORTAL BANDUNG TIMUR – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan tahun 2024 kebijakan bantuan pangan akan dilanjutkan Pemerintah hingga Juni 2024. Selain bantuan pangan untuk 22 juta keluarga penerima manfaat Pemerintah juga akan melanjutkan penyaluran bantuan stunting untuk 1,45 juta keluarga rawan stunting (KRS).

Disampaikan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, bantuan pangan dan bantuan stunting tahun 2024 telah diputuskan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas), di Istana Merdeka, Jakarta pada, Senin 6 November 2023 baru lalu.

“Untuk bantuan pangan di tahun 2024 di mana Bapak Presiden sudah setuju bahwa tahun 2024 kita akan berikan dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni,” ujar  Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya sebagaimana dikutip dari laman resmi Setkab, Rabu 8 November 2023.

Baca Juga: NFA dan Bulog Perpanjang Bantuan Beras Tambahan Hingga Maret 2024, Ini Skema Lengkapnya

Diktakan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, bantuan pangan berupa beras tersebut diberikan kepada sekitar 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan akan diberikan pada masing-masing penerima sebanyak 10 kilogram setiap bulannya.

Selain bantuan beras menurut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah juga menyalurkan bantuan stunting untuk 1,45 juta keluarga rawan stunting (KRS). “Data KRS ini berasal dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dengan besaran bantuan Rp446,242 miliar per kuarternya, jadi totalnya sekitar Rp892 miliar di semester pertama tahun depan,” kata Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Terkait realisasi penyaluran bantuan pangan tahun 2023, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan pada bulan September telah tersalur sebesar 94,95 persen dan Oktober 94,89 persen. Sedangkan pada bulan November hingga tanggal 5 realisasi penyaluran mencapai 18,45 persen.

“Penyaluran bantuan pangan di bulan September itu 94,95 persen, dan di bulan Oktober 94,89 persen, November di 18,45 [persen], dan kita masih ada di bulan Desember. Jadi bulan September yang tersalur sekitar 201 ribuan ton, demikian pula di bulan Oktober,” ujarnya Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x