Mau Uang Kembali Setelah Salah Kirim Saldo Dana ke Pengguna Lain, Ini Solusinya

- 19 Januari 2024, 22:00 WIB
Mau Uang Kembali Setelah Salah Kirim Saldo Dana ke Pengguna Lain, Ini Solusinya
Mau Uang Kembali Setelah Salah Kirim Saldo Dana ke Pengguna Lain, Ini Solusinya /

PORTAL BANDUNG TIMUR - Top Up saldo Dana selain melalui MBanking, juga bisa melalui kasir di mini market. Namun apa jadinya jika terjadi kesalahan pengiriman saldo Dana bukan ke nomor yang dituju tapi malah terkirim ke pengguna lain.

Siapa sebenarnya yang harus tanggung jawab untuk mengembalikan saldo Dana yang sudah terkirim ke pengguna lain? Apakah bank yang mentransfer, atau kasir mini market?

Pihak Dana sendiri telah mewanti-wanti kepada para penggunanya untuk selalu berhati-hati ketika akan melakukan top up atau pengisian dompet digital Dana. Namun jika ternyata sudah terlanjur terkirim ke pemgguna lain, salah satu caranya adalah dengan mengecek apakah status transaksi telah berhasil atau belum. Jika belum berhasil berarti saldo di rekening akan aman dan tidak akan berkurang. Demikian pula dengan pengisian di mini matket, status tidak terkirim berarti tidak terjadi transaksi.

Namun lain halnya jika status top up dompet digital Dana berhasil terkirim ke pengguna lain karena kelalaian atau kekurang telitian pemilik akun. Jika terjadi kondisi demikian, maka pemilik akun tidak bisa meminta pertanggungjawaban dari bank atau mini matket untuk mengembalikan saldo Dana yang sudah terlanjur berhasil terkirim ke pengguna lain.

Dilansir dari laman resmi dompet digital Dana, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi pemerima salldo Dana, dengan cara menelepon pemilik akun Dana yang salah tadi. Jika berhasil dibubungi mintalah kepadanya untuk melakukan pengembalian saldo Dana.

Pihak Dana sendiri telah menyatakan tidak bertanggungjawab atas kesalahan pengiriman saldo Dana kepada pengguma lain, akibat kelalaian pengguna. Hal tersebut sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Dana Indonesia, yang menyatakan pengguna bertanggung jawab untuk memastikan ketepatan data dan informasi tujuan transfer, maka uang atas instruksi transfer yang telah berhasil tidak bisa dikembalikan atau dibatalkan.

Karena itu, berhati-hatilah saat melakukan transaksi baik melalui transfer atar akun, atau top up saldo Dana melalui MBankimg atau mini market.

Pengguna harus selalu memastikan nomor telepon, nomor rekening tujuan, dan nominal transfer sudah sesuai. Karena Dana tidak bisa mengganti dan menjamin uang saldo Dana pengguna kembali.***

Editor: Syiffa Ryanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x