Bibit Siklon Tropis Sudah Terlihat, Ini Wilayah Terdampak

- 5 April 2024, 00:15 WIB
Ilustrasi siklon tropis. Bibit siklon tropis sudah terlihat sejumlah wilayah Indonesia akan terkena dampak 4 hingga 8 April 2024 mendatang.
Ilustrasi siklon tropis. Bibit siklon tropis sudah terlihat sejumlah wilayah Indonesia akan terkena dampak 4 hingga 8 April 2024 mendatang. /Pixabay/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan bibit siklon tropis baru 96S di sekitar Laut Sawu  I koordinat 10.2oLS 121.0oBT. Diidentifikasi menunjukkan kecenderungan menguat secara perlahan dalam beberapa hari kedepan.

Sistem Bibit Siklon 96S tersebut cenderung memiliki peluang RENDAH menjadi siklon tropis di sekitar perairan NTT untuk 24 jam ke depan. Tetapi diprediksikan meningkat menjadi potensi SEDANG hingga TINGGI dalam periode 2 hingga 3 hari ke depan.

“Posisi sistem diprediksikan sudah berada di sekitar Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur. Secara umum, kombinasi pengaruh fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas SEDANG hingga LEBAT yang disertai kilat atau angin kencang di sebagian wilayah Indonesia hingga 11 April 2024,” terang Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhani.

Baca Juga: Ada Siklon Tropis Bergerak, BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem

Berikuti wilayah yang di prakirakan akan terkena dampak siklon topis pada tanggal 4 hingga 7 April 2024  mendatang;

- Sumatra Barat

- Jambi

- Bengkulu

- Kep. Bangka Belitung

- Sumatra Selatan

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah