SDC Sinergikan Pusat Daerah

- 18 Januari 2021, 06:30 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah,  saat berdialog dengan stakeholder ketenagakerjaan usai mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Sumatera Barat.
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah,  saat berdialog dengan stakeholder ketenagakerjaan usai mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Sumatera Barat. /biro humas kemenaker/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah,  telah menggagas Skill Development Center(SDC)di daerah dalam mensinergikan kerja pemerintah pusat dan daerah menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan. Kementerian Tenaga Kerja tidak hanya meletakkan persoalan ketenagakerjaan kepada pemerintah daerah, tetapi juga mengambil tanggungjawab secara bersama-sama.

"Yang dibutuhkan kita ini kemauan kita untuk bersinergi. Udah mutlak itu. Kita punya keterbatasan, tapi keterbatasan itu harus diatasi dengan sinergi. Saya yakin dan percaya, kalau kita mau bersinergi dan kolaborasi, itu yang seneng masyarakat, rakyatnya," kata Menaker Ida Fauziyah saat berdialog dengan stakeholder ketenagakerjaan usai mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Sumatera Barat.

Baca Juga: Rampung Dibangu, Empat dari Tujuh Venue PON XX Papua

Ditegaskan Menaker Ida Fauziyah,  sinergi dapat dilakukan dengan para stakeholder dengan membentuk Skill Development Center (SDC). “Melalui SDC, komunikasi dan koordinasi lintas sektoral para stakeholder dapat tersinergikan, tersingkronkan, dan terkoordinasikan, serta dapat merealisasikan antara supply and demand ketenagakerjaan yang berada di daerahnya, baik melalui Analisis Potensi Daerah maupun Analisis Ratio Potensi,” tegas Ida Fauziyah, dikutip dari kemenaker.go.id.

Pada dasarnya menurut Ida Fauziyah, persoalan ketenagakerjaan adalah urusan wajib pemerintah daerah. Namun, Kemnaker tidak hanya meletakkan persoalan ketenagakerjaan kepada pemerintah daerah, tetapi juga mengambil tanggungjawab secara bersama-sama sebagai wujud sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga: Pemasaran Produk Tekstil Masih Stagnan, Bahan Baku Alami Kenaikan

”Pentingnya keberadaan SDC, saya  harap agar semua kabupaten kota yang ada di Sumbar dapat dibentuk SDC. Mohon terus dilakukan, Pak, agar SDC itu ada di semua kabupaten kota,  SDC itu untuk mengenali seluruh kebutuhan masyarakat kaitannya dengan ketenagakerjaan," ujar Ida Fauziyah.

Sementara Direktur Jenderal Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan menjelaskan, dari total 304 BLK yang ada di seluruh Indonesia, kapasitas BLK untuk menanggulangi pengangguran kurang lebih 3,94 persen per-tahun atau sekitar 275.800 orang dari 7 Juta orang pengangguran yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Ini Cara Mendaftar Untuk Mendapatkan Stimulus Listrik Covid-19

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x