Mendag Muhammad Lutfi, Jelang Ramadan dan Lebaran 2021 Bapok Aman dan Stabil  

- 21 Maret 2021, 15:40 WIB
Pedagang ayam tengah melayani calon pembeli di Pasar Kosambi Bandung. Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran 2021 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan ketersediaan bahan pokok aman dan stabil.
Pedagang ayam tengah melayani calon pembeli di Pasar Kosambi Bandung. Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran 2021 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan ketersediaan bahan pokok aman dan stabil. /Portal Bandung Timur/heriyanto

 

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pemerintah menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok (bapok) di masyarakat menjelang Ramadan dan Lebaran 2021 mencukupi dengan harga terjangkau. Kementerian Perdagangan akan menghitung, menganalisis, mengendalikan, dan mengeksekusi rencana guna memastikan suplai cukup. Sehingga, harga bisa diprediksi dan tetap stabil. 

Sebagaimana disampaikan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam konferensi pers yang dilaksanakan secara virtual, bahwa secara nasional, menjelang Ramadan dan Lebaran tahun 2021 terpantau aman dan stabil. “Kementerian Perdagangan telah melakukan koordinasi secara intensif dengan asosiasi produksi, penjual, distribusi, dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya guna memastikan ketersediaan bapok nasional,” jelas Mendag Muhammad Lutfi.

Disampaikan Mendag Muhammad Lutfi, saat ini beberapa komoditas seperti beras dan gula menjadi perhatian pemerintah untuk diantisipasi stabilitas harga dan kecukupan pasokannya. “Menjelang Ramadan dan Lebaran, dapat dipastikan harga komoditas tersebut akan stabil, hal tersebut disebabkan, pada bulan Maret ini kita akan memasuki masa panen beras,” tambah Mendag Muhammad Lutfi.

Baca Juga: Kembali, PPKM Mikro Diperpanjang Kegiatan Belajar Tatap Muka dan Pengelaran Seni Diperbolehan

Dikatakan Mendag Muhammad Lutfi, untuk gula, proses impor raw sugar akan masuk dan menambah stok dan gula yang telah digiling akan masuk ke pasar. “Dengan begitu, harga gula akan kembali stabil menjadi Rp12.500/kg sesuai harga eceran tertinggi (HET),” terang Mendag Muhammad Lutfi.

Dijelaskan Mendag Muhammad Lutfi, pada komoditas cabe merah, setelah sempat mengalami kenaikan harga akibat cuaca yang merusak panen di sejumlah sentra, harga cabe merah di pasaran saat ini sudah mulai turun karena akan memasuki masa panen. “Sehingga, menambah stok di pasar dan membuat harga kembali stabil,” jelas Mendag Muhammad Lutfi.

Baca Juga: Bukan Hanya Avanza dan Rush, Ini Deretan Tipe Mobil di Recall PT Toyota Astra Motor    

Ditegaskan Mendag Muhammad Lutfi, seluruh komoditas bapok untuk kebutuhan nasional, terutama memasuki Ramadan dan Lebaran bisa terjaga dengan baik. “Saya pastikan juga, bila nanti ada kenaikan harga, itu sifatnya sporadis. Kami pastikan stok selalu tersedia dan kita akan melihat penurunan harga yang baik hingga Lebaran nanti,” pungkas  Mendag Muhammad Lutfi. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x