Stasiun Kereta Api Garut Siap Layani Penumpang

- 17 Mei 2021, 02:14 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan saat berdialog dengan Direktur Niaga PT. KAI, Dadan Rudiansyah, di Stasiun Kereta Api Garut yang diharapkan segera dioperasikan dalam waktu dekat.
Bupati Garut Rudy Gunawan saat berdialog dengan Direktur Niaga PT. KAI, Dadan Rudiansyah, di Stasiun Kereta Api Garut yang diharapkan segera dioperasikan dalam waktu dekat. /Foto : Diskominfo Kabupaten Garut

PORTAL BANDUNG TIMUR – Bupati Garut Rudy Gunawan beserta Direksi PT. Kerata Api Indonesia (KAI) terus mengupayakan Stasiun Kereta Api Garut dapat beroperasi secepatnya. Masyarakat Kabupaten Garut sudah merindukan perjalanan kereta api dari Stasiun Garut menuju Stasiun Bandung, Jakarta atau kemanapun dengan konektivitas.

Demikian disampaikan Bupati Garut Rudy Guawan saat menerima kedatangan Direktur Niaga PT. KAI, Dadan Rudiansyah, Direktur Prasarana, Awan Hermawan, dan Kepala Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Iwan Eka Putra, saat berkunjung ke Stasiun Kereta Api Garut. Kehadiran jajaran pimpinan PT. KAI sebagai bukti komitmen PT. KAI dalam reaktivasi jalur kereta api di Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah hari ini kita menerima kedatangan Direksi dari PT. KAI sebagai bukti  PT. KAI memberikan komitmen kepada masyarakat Garut untuk memperlancar arus barang maupun arus orang. Terutama perekonomian dengan mempersiapkan sarana prasarana menyangkut perjalanan kereta api dari Stasiun Garut menuju Stasiun Bandung, Jakarta atau kemanapun dengan konektivitas,” ujar  Bupati Garut Rudy Gunawan.

Dikatakan Rudy Gunawan pihaknya sangat berharap kereta api di Stasiun Garut mampu beroperasi sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. “Saya berharap ini tidak terlalu lama sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini sudah bisa dilaksanakan,” harap Rudy Gunawan.

Disampaikan Rudy Gunawan, pihaknya meminta warga Garut untuk senantiasa menjaga jalur kereta api yang sebentar lagi akan aktif kembali setelah sekian lama tidak beroperasi. “Untuk warga Garut kami minta kembali untuk sepanjang jalur ini menjaga menjaga sekali lagi menjaga untuk bisa suksesnya kereta api Garut ke Bandung, Jakarta  ke Yogya dengan konektivitas dan sebagainya,” kata Rudy Gunawan.

Sementara Direktur Niaga PT. KAI, Dadan Rudiansyah, mengatakan Stasiun Kereta Api  Garut sudah siap 100 persen untuk dioperasikan dan melayani penumpang.  “Jadi hari ini kami bersama dengan Direktur Prasarana dan Kepala Daerah Operasi 2 Bandung berkunjung ke Stasiun Garut tentunya kami melihat kesiapan baik prasarana maupun sarana di Garut,” ujar Dadan Rudiansyah.

Dikatakan Dadan Rudiansyah, di sisi prasarana Stasiun Kereta Api Garut meskipun ada sedikit yang perlu polesan-polesan sedikit untuk memastikan semua prasarana sudah jalan. “Saya lihat untuk stasiun sendiri gedungnya sudah siap 100 persen untuk dioperasikan dan melayani penumpang,” ujar  Dadan Rudiansyah.

Terkait tanggal operasi untuk Stasiun Kereta Api Garut, Dadan Rudiansyah mengatakan pihaknya maupun Bupati Garut, saat ini sedang mengupayakan agar bisa beroperasi secepatnya. “Sebetulnya kami lagi upayakan Pak Bupati juga langsung sudah menghadap ke Kementerian Perhubungan melalui Pak Dirjen Perkeretaapian insyaallah kami upayakan secepatnya. Kami juga sebetulnya ingin segera (jalur) dioperasikan,” ujar Dadan Rudiansyah.

Diharapkan Dadan Rudiansyah, adanya reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut ini mampu meningkatkan taraf perekonomian di Kabupaten Garut. “Harapannya dengan adanya jalur reaktivasi dari Cibatu ke Garut dan juga beroperasinya beberapa stasiun ini diharapkan kami bisa membantu lebih meningkatkan lagi taraf perekonomian di Garut terutama mungkin nanti di stasiun-stasiun kami juga bisa menampung beberapa UKM-UKM yang diharapkan bisa andil juga melayani masyarakat di stasiun-stasiun,” pungkas Dadan Rudiansyah. (iwan rukwanda)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x