Ruang Riung di Teras Cihampelas Upaya Pulihkan Aktivitas Pedagang di Teras Cihampelas Bandung

- 21 November 2021, 07:55 WIB
Seorang petugas kebersihan diantara deretan kios di Teras Cihampelas yang akan direaktivasi Pemkot Bandung.
Seorang petugas kebersihan diantara deretan kios di Teras Cihampelas yang akan direaktivasi Pemkot Bandung. /Portal Bandung Timur/hp.siswanti

PORTAL BANDUNG TIMUR - Untuk menghidupkan kembali Teras Cihampelas Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai melakukan reaktivasi Teras Cihampelas Bandung. Melalui  Dinas Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM), menggelar event bertajuk Ruang Riung di Teras Cihampelas.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Kepala Dinas Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM), Atet Dendi Hendiman mengatakan diselenggarakannya Ruang Riung di Teras Cihampelas, diharapkan mampu mendorong Pedagang Kaki Lima (PKL) di Teras Cihampelas untuk kembali berjualan. “Selain itu tentunya yang utama kami berharap masyarakat Kota Bandung khususnya dan warga luar Kota Bandung yang sedang berwisata, mau berkunjung dan berbelanja,” ujar Atet Dendi Hendiman.

Dikatakan Atet Dendi Hendiman, sejak pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Maret 2020 aktivitas pedangan di Teras Cihampelas terhenti. “Akibat tidak berjualan cukup lama mengakibatkan saat kembali dilakukan relaksasi banyak pedangan yang tidak mampu berjualan,” terang Atet Dendi Hendiman.

Baca Juga: PR Besar, Bencana Alam Tahunan di Kabupaten Bandung

Untuk kembali menghidupkan Teras Cihampelas melalui reaktivasi Teras Cihampelas Bandung, Pemkot Bandung melalui sejumlah instansi terkait melakukan berbagai upaya. Dinas UMKM sendiri menurut Atet Dendi Handiman telah menggandeng beberapa pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung.

"Setelah melakukan pertemuan dan berembuk, kami mengandeng teman-teman dari ekonomi kreatif, kaum milenial, dan pelaku usaha kecil lainnya untuk menentukan langkah. Kira-kira akan seperti apa Teras Cihampelas ini untuk kembali difungsi, minimal seperti dulu sebagai tempat destinasi wisata yang memang sangat luar biasa," ujar Atet Dendi Handiman.

Sejak akhir November, dengan diterapkannya relaksasi dan pelonggaran bagi pelaku usaha untuk memulihkan perekonomian, menurut Atet Dendi Handiman,  pihaknya bersama Disbudpar Kota Bandung menggelar atraksi dan pentas seni. Kali ini dengan konsep yang diusung pada event Ruang Riung menggunakan dekorasi bertemakan bambu.

"Teras Cihampelas itu harus ada atraksi dulu, dan ini bisa menarik perhatian. Sengaja dekornya ada bambu, karena mereka kaum kreatif ya, jadi dekor ini tidak hanya dekor yang satu hari dibuka, tapi ini saya berharap bisa sampai satu atau dua bulan ke depan," pungkas Atet Dendi Handiman. (hp.siswanti)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x