Harga Telur di Sejumlah Wilayah Jawa Barat Kembali Merangkak Naik, Ini Sebabnya

- 23 Agustus 2022, 06:26 WIB
Harga telur ayam negeri disejulah wilayah Jawa Barat mengalami kenaingan, awal pekan ini harga telur di sejumlah pasar mencapai Rp31.000 hingga Rp34.000 per kilogram.
Harga telur ayam negeri disejulah wilayah Jawa Barat mengalami kenaingan, awal pekan ini harga telur di sejumlah pasar mencapai Rp31.000 hingga Rp34.000 per kilogram. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Sempat normal selama sebulan harga telur ayam disejumlah daerah Jawa Barat kembali merangkak naik. Dari tingkat peternak ayam petelur maupun ayam pedaging sejumlah daerah di Jawa Barat harga telur sudah menyentuh Rp32.000 per kilogram.

Di Kota Bandung, harga telur ayam negeri dalam sepekan terakhir kembali naik menyentuh harga Rp30.000 per kilogram. Pada Selasa 23 Agustus 2022 pagi hari didapat informasi disejumlah pasar tradisional harga telur ayam negeri sudah menyentuh Rp32.000 per kilogram dan bahkan di beberapa pasar untuk telur ayam pilihan Rp34.000 perkilogram.

“Kalau untuk telur yang sudah di kemas harga Rp34.000 per kilogram. Sementara harga telur ayam langsung ambil masih Rp31.000,” ujar Dayat seorang pedang di Pasar Cicaheum Kota Bandung.

Baca Juga: Gempa Gungang Indonesia Bagian Timur, Tidak Berpotensi Tsunami

Kenaikan harga telur saat ini menurut Dayat dikarenakan stok telur masih dikuasai distributor dari peternak lokal. “Sekarang ini telur lebih banyak dari peternak wilayah sekitar Kota Bandung (Kabupaten Bandung dan Sumedang), juga dari Cianjur dan Tasikmalaya,” terang Dayat.

Selain pengiriman telur ayam masih di dominasi wilayah lokal menurut Dayat, kenaikan telur disebabkan harha di peternak juga mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi akibat pengiriman di tingkat peternak ke distributor terbatas, serta harga pakan yang mengalami kenaikan hingga berimbas pada harga dipasaran.

Dikatakan Dayat, kenaikan harga telur di tingkat peternak maupun distributor dan pedagang eceran saat ini belum memecahkan rekor sebagaimana yang terjadi pada bulan Juni menjelang Idul Adha 2022 lalu. “Juni lalu menjelang Idul Adha harga telur ayam negeri mencapai rekor tertinggi hingga sekilonya mencapai Rp37.000, saat ini masih dikisaran Rp31.000 hingga Rp34.000 per kilonya,” ujar Dayat.

Baca Juga: Virus Cacar Monyet Masuk ke Indonesia, Wali Kota Bandung Minta Warganya Lakukan Hal Ini

Di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi maupun Kabupaten Bandung Barat, harga telur ayam negeri juga sudah mulai merangkak naik. “Minggu lalu masih Rp27.000 perkilogram, sekarang sudah Rp31.000 perkilonya, tidak beda jauh dengan harga di pasar-pasar di Padalarang (Kabupaten Bandung Barat)” ujar Dede, pedagang di Pasar Atas Kota Cimahi, lewat pesan WA.

Di Kabupaten Tasikmalaya maupun Kota Tasikmalaya yang selama ini dikenal sebagai sentra peternak ayam petelur maupun pedaging, harga telur ayam juga sudah menyentuh harga Rp32.000 per kilogram. “Kemarin saja harganya sudah Rp32.000 per kilogram, tidak tahu besok lusa kalau distribusi pakan masih terbatas, ada kemungkinan terus naik,” ujar Ali pedagang Pasar Cikurubuk Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah