Kabidkop Nana Rukmana, Pengiriman Tenaga Kerja ke Jepang Harus Memberi Dampak Kualitas Tenaga Kerja

- 20 Juli 2023, 19:56 WIB
Kepala Bidang Koperasi di Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur Nana Rukmana, saat melepas ke 13 siswa LPK ANS peserta Program Magang Kerja di Jepang.
Kepala Bidang Koperasi di Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur Nana Rukmana, saat melepas ke 13 siswa LPK ANS peserta Program Magang Kerja di Jepang. /Portal Bandung Timur/wawan kusmiran/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Lembaga Pendididkan dan Keterampilan  (LPK). Amanat Negeri Sakura (ANS) bersinergi dengan Koperasi Amanah Negeri Sejahtera (ANS) memberangkatkan 13 orang siswa LPK ANS untuk melakukan magang kerja di Jepang. Peserta  yang diberangkatkan akan ditempatkann di perusahaan kontruksi,  manufaktur, kelistrikan serta perawat.

“Program yang secara rutin dilaksanakan LPK Amanat Negeri Sakura yang bersinergi dengan Koperasi Amanah Negeri Sejahtera ini memiliki banyak manfaat yang diperoleh dari peserta program pemagangan. Banyak alumni pemagangan setelah kembali ke tanah air bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia, dan banyak juga alumni pemagangan yang memiliki usaha sendiri,” ujar Kepala Bidang Koperasi di Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur Nana Rukmana, saat melepas ke 13 siswa LPK ANS peserta Program Magang Kerja di Jepang.

Pada acara pelepasan dan juga dihadiri dari Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cianjur, dikatakan Nana Rukmana, keberadaan LPK ANS dengan mengirimkan siswanya untuk magang kerja di Jepang bukan hanya mampu meningkatkan kualitas dan keahlian siswa di bidangnya, tetapi juga semaki membuka lapangan kerja yang tidak secara langsung mengurangi pengangguran.

Baca Juga: Siapkan Program Magang ke Luar Negeri, SMK Nasional Sisipkan Pembelajaran Bahasa dalam Kurikulum

“Lebh dari tentunya kegiatan ini akan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian dari peserta setelah memiliki keahlian akan dapat bekerja di perusahaan-perusahaan atau membuka usaha sendiri,” ujar Nana Rukmana.

Pemberangkatan ke 13 siswa LPK ANS untuk magang kerja ke Jepang dikatakan Nana Rukmana, bersamaan dengan momentum  hari Koperasi Ke-76  tahun 2023 yang bertema Pemajuan Koperasi Untuk Kesejahteraan Rakyat. "Tagline Ayo Berkoperasi Indonesia Maju juga yang bertepatan dengan Hari Jadi Cianjur ke 346 menuju Cianjur Bangkit dan berakhlak Mulia ," kata Nana Rukamana pada kesempatan yang juga didampingi  Ketua Forum penyuluh   Koperasi Nasional, Tintin R.

“Selamat dan sukses  atas pelepasan siswa magang ke jepang angkatan ke-53 dari LKP Amanat Negeri  Sakura yang pembiayaannya bekerja sama dengan  Koperasi Amanah Negeri Sejahtera. Dan jika sudah bekerja juga bisa tetap menjadi anggota koperasi agar pulang bisa memiliki simpanan yang bisa digunakan untuk modal kerja jika sudah kembali ke Indonesia," ujar Nana Rukmana.

Sementara  Ketua LPK ANS, Deri Hermawan  yang di dampingi Ketua Koperasi ANS, Asep Sulaeman, SE .MM bahwa pelepasan warga belajar magang kerja ke Jepang  yang dilaksanakan pihaknya merupakan angkatan ke 53. “Dari ke 13 peserta  yang berangkat  kerja ke jepang tersebut,   memiliki penempatan di perusahaan kontruksi,  manufaktur, kelistrikan serta perawat,” terang Asep Sulaeman.  (Kusmiran)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x