Menperin Agus Gumiwang, Butuh 11 Juta Masker N95 Sepanjang Tahun 2021

- 20 Maret 2021, 07:30 WIB
Kebutuhan masker N 95 dalam negeri tahun 2021 mencapai  11 juta buah.
Kebutuhan masker N 95 dalam negeri tahun 2021 mencapai 11 juta buah. /Pexels

PORTAL BANDUNG TIMUR - Di balik krisis akibat pandemi Covid-19, memunculkan peluang yang dapat dimanfaatkan sektor industri di dalam negeri. Pemenuhan kebutuhan alat material kesehatan (almatkes) menjadi prioritas utama penanganan Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

“Peluang di saat pandemi Covid-19 dimanfaatkan sektor industri di dalam negeri. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan almatkes, seperti masker,” papar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya secara virtual pada acara Business Gathering Balai Besar Tekstil (BBT) Bandung Tahun 2021.

Disampaikan Menperin Agus Gumiwang, berdasarkan data dashboard monitoring alkes (DMA), kebutuhan masker N95 sepanjang tahun 2021 diproyeksi akan mencapai 11 juta buah. Sedangkan kapasitas produksi masker N95 dalam negeri diperkirakan sebanyak 3 juta buah per tahun.

Baca Juga: Di Kantor Astana Anyar Bandung Ada Sarang Lebah Trigona

Sementara itu, untuk masker medis justru akan mengalami surplus, dengan kapasitas produksi masker medis mencapai 3 miliar buah, sedangkan kebutuhannya sekitar 176 juta buah. “Maka diperlukan langkah-langkah percepatan produksi masker N95 untuk memenuhi kebutuhan nasional dan juga optimalisasi penyerapan produk masker medis dalam negeri,” ujar Agus Gumiwang.

Namun demikian, menurut Agus Gumiwang, peningkatan produksi masker yang memenuhi persyaratan standar mendapat kendala. Keterbatasan fasilitas laboratorium pengujian masker yang lengkap dan mudah dijangkau oleh pelaku industri nasional.

Baca Juga: Bandung Lautan Api Tetap Akan Diperingati Pada 24 Maret 2021 Mendatang

Karenanya  menurut Agus Gumiwang,  Balai Besar Tekstil (BBT) Bandung selaku satuan kerja di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, melakukan kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kerjasama dalam membangun fasilitas laboratorium pengujian masker N95.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BNPB yang telah mengalokasikan anggaran DIPA tahun 2020 dalam bentuk bantuan pengadaan peralatan Laboratorium Pengujian Masker N95 untuk BBT Bandung,” ujar Menperin Agus Gumiwang. (heriyanto)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x