Industri Otomotif Tanah Air Menjanjikan, Sejumlah Perusahaan Tertarik Nambah Investasi

- 18 Maret 2021, 00:20 WIB
Ilustrasi industri otomotif.
Ilustrasi industri otomotif. /REUTERS/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kementerian Perindustrian mendukung sektor otomotif untuk meningkatkan daya saing dan produktivitasnya. Mengingat masih besarnya utilitas dan tingginya kemampuan industri otomotif di Indonesia sehingga berpeluang mengisi pasar ekspor yang lebih luas.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, berdasarkan hasil pertemuan di Jepang, beberapa prinsipal otomotif menyatakan komitmennya untuk memperluas pasar ekspor kendaraan yang diproduksi di Indonesia. “Beberapa perusahaan yang kami temui menyampaikan akan terus mengembangkan investasi dan produksinya di Indonesia,” ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran persnya di Jakarta.

Dicontohkan Memperin Agus Gumiwang, produk otomotif Mitsubishi, berkomitmen menambah investasi sebesar Rp11,2 triliun pada akhir tahun 2025. Tahun 2021 memberikan izin tambahan ekspor ke sembilan negara dari tadinya 30 negara menjadi ke 39 negara.

Baca Juga: Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Laksanakan Sosialisasi Penanganan DAS Citarum  

 “Kami juga mendorong agar Mitsubishi melakukan ekspor mobil ke Australia. Mengingat perjanjian kerja sama antara kedua negara (IA-CEPA) telah berjalan,” ujar Agus Gumiwang.

Dikatakan Agus Gumiwang, Mitsubishi telah mengekspor 154.000 unit Xpander yang diproduksi di Indonesia ke 30 negara hingga 2020. Dengan proyeksi peningkatan kapasitas produksi dari 220.000 unit menjadi 250.000 unit per tahun, perusahaan ini juga akan memproduksi beberapa model baru global mulai 2023.

Sementara itu industri otomotid Honda menurut Agus Gumiwang, berencana menambah investasi sebesar Rp5,19 Triliun hingga tahun 2024. Termasuk untuk pengembangan kendaraan model baru yang akan diproduksi hanya di Indonesia.

Baca Juga: Dies Natalis 65 IPDN Diselenggarakan Secara Hybrid Dipimpin Presiden Joko Widodo

“Dan diekspor ke 31 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Kami mendorong realisasi dari komitmen investasi Honda, perusahaan tersebut juga berencana membuka tujuan ekspor baru, antara lain ke Afrika Selatan di tahun 2022, serta ke Meksiko, Amerika Utara, dan Amerika Selatan pada 2023,” ujar Agus Gumiwang.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah