UMKM di Cianjur Urus Ijin Usaha Gratis Tanpa Biaya Sepersenpun

- 26 Agustus 2021, 05:00 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman saat peluncuran Si JEMPOL di Aula Kantor Kecamatan Cugenang dalam rangka memberikan pelayanan maksimal pada pelaku UMKM.
Bupati Cianjur Herman Suherman saat peluncuran Si JEMPOL di Aula Kantor Kecamatan Cugenang dalam rangka memberikan pelayanan maksimal pada pelaku UMKM. /Foto : Humas Pemkab Cianjur

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur dimasa pandemi Covid 19  membantu memfasilitasi pembuatan perizinan bagi masyarakat terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tanpa biaya atau gratis. Pemebrian kemudahan pada para pelaku usaha diharapkan mampu memberkan semangat masyarakat untuk menjalankan usaha.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Cianjur Herman Suherman pada Launching Sistem Pelayanan Jemput Bola (SI JEMPOL) di Aula Kecamatan Cugenang. “Hampir satu tahun setengah kita menghadapi situasi pandemi Covid 19, dan sampai dengan saat ini penanganan Covid 19 di Kabupaten Cianjur semakin baik,” ujar Herman Suherman.

Saat ini menurut Herman Suherman, angka kasus Covid 19 di Kabupaten Cianjur terus mengalami penurunan,  untuk sekolah-sekolah sudah akan mulai belajar dengan tatap muka. Perekonomian masyarakat juga diharapkan sudah akan membaik, mulai menggeliat.

Baca Juga: ASN Peduli Covid-19 Terus Bergulir di Pelosok Kabupaten Bandung

“Mudah-mudahan dengan kemudahan pelayanan perijinan ini, masayarakat akan semakin tertarik melakukan usaha terutama para pelaku UMKM. Pemkab Cianjur akan membantu memfasilitasi pembuatan perizinan bagi masyarakat terutama UMKM tanpa biaya atau gratis,” ujar Herman Suherman.

Dikatakan Bupati Herman Suherman, program SI JEMPOL  yang diluncurkan ini adalah pelayanan perijinan dengan segala kemudahannya yang khusus diberikan bagi warga terutama bagi UMKM. Karenanya Bupati menghimbau kepada warga untuk memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya.

“Masyarakat hanya datang ke Kecamatan untuk mendaftarkan diri, cukup hanya dengan membawa KTP. Nanti petugas dari perijinan akan mendatangi langsung ke kecamatan-kecamatan, dan saya pastikan pelayanan perijinan ini gratis untuk warga terutama untuk para pelaku usaha UMKM” ujar Bupati Herman Suherman.

Baca Juga: 2 Tahun Untuk Wali Kota Cimahi Non Aktif Ajay Priatna
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Cianjur, Euis Jamilah S.Pd. MAP. menjelaskan, untuk tahap pertama pelayanan di Kecamatan Cugenang ini akan dikelurakan ijin usaha sebanyak 100 ijin berusaha bagi UMKM beresiko rendah.

Ijin dikeluarkan dengan mengeluarkan Nomer Induk Berusaha (NIB), dan untuk selanjutnya program si Jempol ini akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan dengan harapan bisa memberikan support, kenyamanan, efektifitas dan efisiensi waktu pelayanan bagi masyarakat khusunya UMKM. (dani jatnika)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah