Kata Sandiaga Uno di KaTa Kreatif Indonesia

- 10 September 2021, 22:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berdialog dengan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan dan Kapolda Jabar  Irjen Pol Ahmad Dofiri, sebelum membuka sekaligus menjadi narasumber kegiatan workshop pelaku ekonomi kreatif ‘KaTa Kreatif Indonesia’ di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat 10 September 2021.    
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berdialog dengan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan dan Kapolda Jabar  Irjen Pol Ahmad Dofiri, sebelum membuka sekaligus menjadi narasumber kegiatan workshop pelaku ekonomi kreatif ‘KaTa Kreatif Indonesia’ di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat 10 September 2021.    /Portal Bandung Timur/neni mardiana/

 

PORTAL BANDUNG TIMUR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tegaskan bahwa pihaknya konsisten terus mendukung, membantu dan memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di daerah. Pandemi Covid-19 bila dihadapi dengan kreatifitas akan menumbuhkan semangat usaha dan membangkitkan aktivitas perekonomian.

"Menariknya ekonomi kreatif itu, di beberapa subsektor mengalami peningkatan di tengah pandemi Covid-19, di antaranya sektor animasi dan sektor lainnya. Sektor pengembangan permainan juga mengalami peningkatan, apalagi melalui digitalisasi ini menjadi daya tarik,” ujar Sandiaga Uno saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan workshop pelaku ekonomi kreatif  ‘KaTa Kreatif Indonesia’ di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat 10 September 2021. 

Diungkapkan Sandiaga Uno, sektor ekonomi kreatif ada 20 juta lapangan kerja yang tersebar di 17 subsektor ekonomi. Diantaranya subsektor kuliner, kerajinan tangan, seni pertunjukkan dan subsektor ekonomi kreatif lainnya.

Baca Juga: Sah, Muhammad Yusuf Jadi Wali Kota Tasikmalaya

Terhadap sektor ekonomi kreatif, pihaknya berusaha untuk konsisten membantu dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif itu setelah terpuruk akibat Pandemi Covid-19.  "Semangat kita bagaimana menciptakan lapangan kerja," tegas Sandiaga Uno.

Ditegaskan Sadiaga Uno, pihaknya memiliki keyakinan  pandemi Covid-19 bisa ditekan untuk membangkitkan ekonomi kreatif. Setelah pandemi Covid-19, ekonomi kreatif bisa mengembangkan usaha seluas-luasnya. 

Adanya kegiatan workshop bagi pelaku ekonomi kreatif menurut Sandiaga Uno, dapat meningkatkan kemampuan para pelaku usaha ekonomi kreatif yang hadir menjadi peserta saat itu.  "Produknya lebih berkualitas dan terus berinovasi," harap Sandiaga Uno.

Kembali ditegaskan Sandiaga Uno, pihaknya terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya pemasaran produk, pembiayaan untuk kelangsungan usaha. "Hari ini saya mendengar curhatan langsung dari para pelaku ekonomi kreatif yang sudah selama 1,5 tahun pandemi Covid-19. Meski demikian, aspek pemasaran dan permodalan menjadi solusi dalam pengembangan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol, Brasil Tak Terbendung

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x