Jelang Ramadhan di Cianjur Berbagai Harga Mulai Naik

- 23 Maret 2022, 07:00 WIB
Harga cabai rawit  yang semula Rp45.000 per kilogram kini sudah mencapai Rp60.000 per kilogram.
Harga cabai rawit yang semula Rp45.000 per kilogram kini sudah mencapai Rp60.000 per kilogram. /Portal Bandung Timur/hp siswanti/

PORTAL BANDUNG TIMUR Selain minyak goreng yang melonjak dan mulai langka didapatkan warga Kabupaten Cianjur mulai merasakan kenaikan sejumlah kebutuhan. Meskipun sebagai penghasil berbagai sayur mayur di Jawa Barat untuk wilayah Jabodetabek tapi harga sayur mayur di Cianjur dirasakan mahal.

Sebagaimana terpantau Portal Bandung Timur Rabu 23 Maret 2022, harga cabai rawit kini sudah Rp60.000 per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada cabai kriting dan cabai merah, juga bawang putih dan bawang merah.

“Rata-rata kenaikan diatas Rp10.000 per kilogram. Alasanya, selain pasokan yang berkurang dari petani, juga karena faktor cuaca,” ujar Endang salah seorang pedagang di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur.

Baca Juga: Bintang Pupayoga Ingatkan Kaum Ibu Akan Peristiwa Brebes Untuk Menjaga Senantiasa Menjaga Kesehatan Mental

Namun demikian, meskipun harga yang terus mengalami kenaikan menurut Endang, pembeli masih banyak dan bahkan tidak berkurang. “Mungkin karena harga daging sapi yang masih tinggi mencapai Rp140.000 bahkan lebih dan daging ayam juga mulai merangkak naik yang semula Rp30.000 kini sudah Rp33.000 bahkan ada yang sampai Rp36.000, jadi masyarakat memilih tetap makan sayur mayur,” tambah Endang.

Hal senda dikatakan Yayat, pedagang di Pasar Ciranjang bahwa harga-harga mulai naik. Untuk harga cabai rawit mulai Rp60.000 per kilogram, cabai keriting di angka Rp40.000 per kilogram, bawang putih Rp29.000 per kilogram, dan bawang merah Rp30.000 per kilogram.

Kepala Diskoperindag Cianjur, Tohari Sastra mengatakan bahwa kenaikan sejumlah kebutuhan masyarakat menjelang bulan Ramadhan masih dalam kewajaran.

Baca Juga: Awas, Bahaya TBC Laten Mengintai

“Memang untuk minyak goreng terjadi lonjakan sangat fantastis,  untuk kenaikan harga sayur mayur terjadi dikarenakan minimnya pasokan dari tingkat petani akibat cuaca ekstrem, namun kami memprediksi kenaikan tidak akan sampai melambung dan kembali normal saat bulan puasa mendatang,” ujar Tohari Sastra.

Dikatakan Tohari Sastra, berdasarkan pantauan pihaknya jelang bulan puasa harga sejumlah sayur mayur di Cianjur mengalami kenaikan. “Untuk harga cabai rawit saat ini Rp 60.000 per kilogram, cabai keriting Rp 40.000 per kilogram, untuk bawang putih dan merah mengalami kenaikan dari Rp27.000 menjadi Rp29.000 per kilogram," terang Tohari Sastra.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x