Mendag Muhammad Lutfi, Harga Bapok Stabil dan Pasokan Hingga Idul Fitri Aman  

- 11 April 2021, 08:00 WIB
Pedagang daging sedang melayani pembeli di Pasar Kosambi Bandung beberapa waktu lalu. Harga barang kebutuhan pokok  Ramadan dan Idul Fitri tahun ini disejumlah daerah cukup stabil dan pasokannya mencukupi.   
Pedagang daging sedang melayani pembeli di Pasar Kosambi Bandung beberapa waktu lalu. Harga barang kebutuhan pokok  Ramadan dan Idul Fitri tahun ini disejumlah daerah cukup stabil dan pasokannya mencukupi.   /Portal Bandung Timur/hp.siswanti

 

 

PORTAL BANDUNG TIMUR - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan, harga barang kebutuhan pokok stabil dan pasokannya cukup untuk Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Selain stabil harga barang kebutuhan pokok (bapok) juga  saat ini juga terpantau cenderung menurun.

“Kementerian Perdagangan menjamin, pada Ramadan tahun ini, harga-harga bapok terjangkau bahkan cenderung akan menurun. Kami juga menjamin pasokan bapok tersedia. Mudah-mudahan Ramadan tahun ini, kita dapat beribadah dengan lebih tenang dan lebih baik,” jelas  Mendag Muhammad Lutfi disela kegiatan meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Kramat Jati, Jakarta.

Didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, peninjauan dilakukan Muhammad Lutfi ke Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Kramat Jati. Peninjauan dilakukan dalam rangka memastikan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok (bapok) dari hulu menjelang bulan puasa yang semakin dekat.

Baca Juga: Tarawih dan Bukber Tidak Dilarang di Kabupaten Cianjur

 “Harga bawang stabil di kisaran Rp18.000--Rp21.000/kg yang artinya akan selisih Rp1.000 saja di tingkat pengecer. Harga cabai rawit merah yang tadinya sempat menyentuh Rp100.000/kg sekarang mendekati Rp70.000/kg. Kemungkinan akan menurun lagi menjelang panen. Begitu pun dengan cabai merah besar dan cabai merah keriting,” jelas Mendag Muhammad Lutfi.

Dari pantauan di Pasar Induk Kramat Jati, dibandingkan minggu lalu tercatat harga cabai merah keriting Rp33.000/kg (turun 10,81 persen), bawang merah Rp18.000/kg (turun 18,18 persen), bawang putih kating Rp21.000/kg. Tercatat harga bawang putih honan stabil di Rp18.000/kg.

Sementara itu, di Pasar Kramat Jati tercatat harga sejumlah komoditas yang tidak mengalami kenaikan dibanding minggu lalu.  Komoditas tersebut yaitu beras medium Rp10.500/kg, gula pasir Rp13.000/kg, tepung terigu Rp7.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, bawang merah Rp35.000/kg, dan bawang putih Rp30.000/kg.

Baca Juga: KBM Tatap Muka Mulai Bulan Juli, Tapi  Bulan Mei 35.904 Tenaga Pendidik Harus Sudah di Vaksin

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x