Motif Batik Kina, Siap Jadi Ikon Kabupaten Bandung   

- 8 Juni 2021, 08:40 WIB
Kepala Bappeda Kabupaten Bandung Dr. Cakra Amiyana.   
Kepala Bappeda Kabupaten Bandung Dr. Cakra Amiyana.   /Portal Bandung Timur/neni mardiana/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tengah menyiapkan konsep motif Batik Kina untuk ikon kain batik Kabupaten Bandung. Pohon Kina dipilih karena erat kaitannya dengan produksi kina di Kabupaten Bandung yang sempat tumbuh pada jaman Belanda.

“Konsep motif Batik Kina itu sebagai tantangan tersendiri dalam upaya mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Bandung.  Selain itu pembuatan konsep Batik Kina juga dalam upaya mendukung program 99 hari kerja Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna,” terang Kepala Bappeda Kabupaten Bandung Dr. Cakra Amiyana.

Untuk merealisasikan konsep Batik Kina, menurut Cakra Amiyana, saat ini sedang dipersiapkan dengan matang. Pemkab Bandung pun akan kolaborasi dengan sejumlah pengusaha industri lokal dalam proses pembuatan motif  Batik Kina.

Baca Juga: Sudah Tepat, Pembatalan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Tahun 2021

Menurut Cakra Amiyana,  motif Batik Kina ini nantinya akan menjadi hak paten Pemkab Bandung. "Bahkan motif batik kina ini sudah didaftarkan ke HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Jadi kita sebagai pemegang hak paten dari motif batik kina tersebut," terang Cakra Amiya.

Untuk merealisasikan program tersebut, Bappeda pun sudah membuat berbagai jenis motif batik kina dengan berbagai corak menarik dengan tema batik kina. "Motif batik kina itu bisa dilihat dari motif daun kina, dan tulang daunnya sangat terlihat jelas. Kemudian dibarengi dengan motif  pohon kinanya, sehingga terlihat sangat menarik, sebagai motif batik kina. Dahan, daun maupun bunganya terlihat jelas dari motif batik kina tersebut," tutur Cakra Amiyana. 

Bappeda pun mengaku sangat optimistis bahwa motif batik kina itu belum ada pihak yang mengklaim. Program ini pula dalam rangka melestarikan lingkungan, mengingat tanaman kina yang sebelumnya dikabarkan sempat tumbuh subur di kawasan Malabar Pangalengan. "Tetapi yang jelas dalam proses pembuatan batik kina itu, kita akan kerjasamakan dengan pengusaha yang mau kerjasama dengan Pemkab Bandung," imbuhnya. 

Baca Juga: Berharap Kekebalan Meningkat, Oded M. Danial Jalani Vaksin Dosis ke Dua

Bersamaan dengan upaya melestarikan tanaman kina, imbuh Cakra Amiyana, Pemkab Bandung belum memiliki identitas batik yang menjadi ikon Kabupaten Bandung, meski sejumlah pengrajin di Kabupaten Bandung sudah mengembangkan motif batik lainnya.  "Ini kesempatan kita untuk mengembangkan motif batik kina. Kita akan branding batik kina ini," katanya. 

Selain menggagas produksi motif Batik Kina, Bappeda juga berencana untuk mengembangkan wisata yang berkaitan dengan pelestarian tanaman kina yang akan dikerjasamakan dengan PT Perkebunan Nusantara. Caranya memanfaatkan lahan kosong yang tak terpakai melalui pemanfaatan  hak guna usaha.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x