WOW, Harga Telur Ayam Ras Kembali Sentuh Rp32 Ribu Per Kilo

- 6 Desember 2022, 07:07 WIB
Harga telur ayam ras di sejumlah pasar Kota Bandung dan sekitarnya kembali mengalami kenaikan hingga mencapai Rp32.000 per kilogramnya.
Harga telur ayam ras di sejumlah pasar Kota Bandung dan sekitarnya kembali mengalami kenaikan hingga mencapai Rp32.000 per kilogramnya. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Harga telur ayam ras di pasar tradisional Bandung Raya dalam empat hari menyentuh Rp 32.000 per kilogram. Kembali naiknya harga telur ditenggarai dengan akan memasuki Natal dan Tahun Baru serta naiknya pakan dan pasokan kurang.

“Kenaikan mulai terasa sejak dua minggu lalu. Dari yang semula sudah per kilonya Rp 24.000 terus naik dan awal Desember ini mulai menyentuh Rp30.000 per kilonya dan sekarang sudah Rp32 ribu per kilo untuk telur eceran dan Rp30.000 per kilo untuk pembeli ikatan,” ujar Rosadi penjual telur grosir di Pasar Cicaheum Kota Bandung.

Menurut Rosadi, naiknya harga telur ayam negeri dipicu dengan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru. “Biasa setiap hari besar atau hari raya pasti akan naik kebutuhan pokok, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru pasokan telur dari agen dan bahkan peternak kurang,” ujar Rosadi.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar, Diajak Adu Penalti Samurai Biru Tidak Berdaya Kalah  2-4 dari Kroasia

Selain itu menurut agen pengirim, harga telur ayam ras ditingkat peternak juga sudah naik. Hal ini dipicu dengan kenaikan harga pakan serta kelangkaan bibit hingga ayam ras yang produktivitas telurnya mulai menurun masih belum diganti.

Naiknya harga telur ayam ras juga tidak jauh berbeda dengan di Pasar Kiaracondong dan Pasar Cikutra. “Karena agennya hampir sama dengan Pasar Ujungberung dan Pasar Cicaheum, pasti harganya juga sama,” ujar Didi pedagang telur di Pasar Kiaracondong.

Menurut Didi, naiknya harga telur ayam ras saat ini selain dipicu menjelang Hari Natal dan Tahun Baru, juga akibat menurunnya telur dari peterna di Jawa Barat. “Telur sekarang ini pasti mahal karena kebanyakan dari Jawa (Tengah), kalau dari Tasikmalaya, Ciamis ataupun Sumedang pasti agak murah, karena biaya transportasi,” terang Didi.

Baca Juga: Masih Lanjut, Hari Ini Pencarian 8 Korban Bencana Alam Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur

Di Pasar Majalaya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, juga mengalami hal serupa. “Karena hasil peternak di Kabupaten Bandung sudah banyak diminta daerah lain, terutama dari Jabotabek jadi stok di wilayah sendiri menipis,” terang Ajo pedagang Pasar Majalaya.

Demikian pula dengan harga telur ayam negeridi beberapa pasar Kota Cimahi, harganya tidak jauh berbeda dengan di Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung. Bahkan di Pasar Antri harga telur ayam sudah mencapai Rp33.000 hingga Rp35.000 perkilogramnya.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x