Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kota Bandung Terus Menggeliat

- 13 Desember 2022, 00:45 WIB
Wali KOta Bandung Yana Mulyana didampngi Sekretaris Daerah Ema Sumarna saat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai meresmikan Kawasan Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS) di Taman Valkenet Malabar Jalan Malabar Kota Bandung.
Wali KOta Bandung Yana Mulyana didampngi Sekretaris Daerah Ema Sumarna saat memberikan keterangan pers kepada wartawan usai meresmikan Kawasan Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS) di Taman Valkenet Malabar Jalan Malabar Kota Bandung. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pertumbuhan ekonomi Kota Bandung tahun 2021 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, naik sebesar 3,76 persen dibandingkan dengan tahun 2020. Lapangan usaha Informasi dan Komunikasi merupakan lapangan usaha dengan laju pertumbuhan tertinggi dalam PDRB Kota Bandung Tahun 2021 sebesar 9,81 persen. 

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menegaskan bahwa pihaknya sangat  optimis jika pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung bisa naik 5 persen pada 2022 dan angka ini menjadi target setelah pandemi Covid-19 mulai mereda.

"Kalau kita lihat faktanya, sekarang terutama secara teori fase endemi ini kita kan semua kegiatan ekonomi mulai tumbuh. Harapannya pertumbuhan ekonomi Kota Bandung di tahun ini bisa 5 persen," ujar  Yana Mulyana, kepada wartawan Senin 12 Desember 2022.

Baca Juga: Jalan Raya Sapan Tegalluar Kabupaten Bandung Sudah Lebih 2 Pekan Banjir

Dikatakan Yana Mulyana, banyak perubahan dan dampak yang dirasakan kala Pandemi Covid-19 menyerang Kota Bandung. Pada 2020  pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung  mengalami minus 2,28 persen.

“Namun, di tahun 2021 Kota Bandung kembali bangkit. Hal ini dapat dilihat dari data BPS Kota Bandung, pertumbuhan ekonomi Kota Bandung tahun 2021 naik sebesar 3,76 persen bila dibandingkan dengan tahun 2020,” ujar Yana Mulyana.

Dikatakan Yana Mulyana, produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandung tahun 2021 atas harga berlaku adalah sebesar Rp207,12 triliun. Sementara PDRB Kota Bandung tahun 2021 atas harga konstan menurut lapangan usaha adalah sebesar Rp200,41 triliun.

Dari sisi produksi, Lapangan usaha Informasi dan Komunikasi merupakan lapangan usaha dengan laju pertumbuhan tertinggi dalam PDRB Kota Bandung Tahun 2021, yaitu sebesar 9,81 persen. 

Baca Juga: TERNYATA, Korban Gempa Bumi Magnitudo 5,6 di Cianjur Lebih dari 600 Orang

Dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran Pembentukan Modal Tetap Bruto merupakan komponen pengeluaran dengan laju pertumbuhan tertinggi dalam PDRB Kota Bandung tahun 2021, yaitu sebesar 5,5 persen.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x