Raup Peluang Usaha, Produk UKM Kabupaten Cianjur Ikuti Pasar Kaget Ramadhan Kementerian Koperasi dan UKM

- 12 April 2023, 18:35 WIB
Menteri Komperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berfoto bersama peserta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar Pasar Kaget Ramadhan  asal Kabupaten Cianjur Jawa Barat, kegiatan yang akan berlangsung hingga 15 April 2023  diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia.
Menteri Komperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berfoto bersama peserta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar Pasar Kaget Ramadhan asal Kabupaten Cianjur Jawa Barat, kegiatan yang akan berlangsung hingga 15 April 2023 diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia. /Portal Bandung Timur/wawan kusmiran/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar Pasar Kaget Ramadhan yang diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia. Pasar Kaget Ramadhan diikuti hampir 100 UMKM dari berbagai daerah yang menjual dan memamerkan produk yang telah di kurasi, sehingga cocok untuk kalangan menengah ke atas.

“Kita punya lahan kosong dan memang sudah lama saya minta di utilisasi untuk menjadikan space bagi pelaku UMKM memanfaatkan lahan kosong ini. Dalam jangka panjang juga menjadi pengembangan Smesco sebagai sayap dagang Kementerian Koperasi dan UKM,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  disela kegiatan pembukaan Pasar Kaget Ramadhan Smesco di Jakarta.

Pasar Kaget Ramadhan yang diselenggarakan Kemenkop UMKM yang bekerjasama dengan Smesco menurut Teten Masduki dimaksudkan untuk memperluas pasar dan meningkatkan omzet pelaku UMKM. “Pasar Kaget Ramadhan  ini tidak hanya digelar di Gedung Smesco, namun juga di Taman Mini Indonesia Indah, Masjid dan Electronic City,” terang Teten Masduki.

Baca Juga: Pemkot Bandung Dorong Produk UMKM Tembus Pasar Ekspor

Pasar Kaget Ramadhan menurut Teten Masduki,  menjadi salah satu sarana pemerintah mendekatkan produk-produk UMKM dengan masyarakat kalangan menengah ke atas. Produk UMKM yang dipamerkan pun juga produk yang telah di kurasi, sehingga cocok untuk kalangan menengah ke atas.

“Saya optimis kalau kita bisa terus meningkatkan omzet pelaku UMKM dengan cara mendekatkan pelaku UMKM ke market seperti yang kita lakukan sekarang secara berkeliling melakukan bazar, pop up untuk mendukung dan meningkatkan omset para pelaku UMKM dan mendorong para ASN untuk mulai membeli menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk UMKM,” pungkas Teten Masduki.

Sementara Ketua Forum Penyuluh Koperasi Nasional Tintin Rustiani, mengatakan bahwa peluang yang didapat bagi koperasi dan UKM  yang jadi peserta kegiatan Pasar Kaget Ramadhan  sangat banyak. “Selain soal pengenalan produk atau koperasinya untuk di tingkat nasional juga bisa menimba ilmu dengan tukar pengalaman dengan peserta lainnya juga bisa menjajaki kemitraan,” ujar Tintin Rustiani, kepada Portal Bandung Timur.

Baca Juga: Pemerintah Dukung Terus UMKM

Dikatakan Tintin Rustiani, Pasar Kaget Ramadhan membawa berkah bagi pelaku UMKM. “Teralami pihak koperasi  dan  pelaku usaha kecil menengah yang ada di Kabupaten Cianjur yang ikut serta dan dilibatkan di Pasar Kaget Ramadhan setelah lolos di kurasi,” tambah Tintin Rustiani.

Menurut Tintin Rustiani, koperasi dan pelaku usaha secara langsung mendapat peluang untung dan peluang bisa berkembang usai ikut serta dalam bazar dan pameran Pasar Kaget Ramadhan  "Pokoknya banyak peluang yang mereka dapatkan dari bazar ramadan di Jakarta tersebut,"ujar Tintin Rustiani.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x