Isy Karim, Migrasi TikTok ke Tokopedia Proses Integrasi Data TikTok ke TikTok Shop Capai 87 persen

- 7 Maret 2024, 18:04 WIB
Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia yang dilakukan Kementerian Perdagangan hampir rampung.
Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia yang dilakukan Kementerian Perdagangan hampir rampung. /Pixabay/Riki32/

PORTAL BANDUNG TIMUR – Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan pemanggilan terhadap pihak TikTok untuk menjelaskan perkembangan migrasi TIkTok Shop ke Tokopedia. Proses migrasi TikTok Shop ke Tokopedia sudah hampir rampung.

Sebagaimana disampaikan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Isy Karim bahwa pihaknya telah memanggil pihak TikTok migrasi TIkTok Shop ke Tokopedia. “Untuk proses (migrasi TikTok Shop  ke Tokopedia) hampir rampung, bahkan pembayaran transaksi sudah dilakukan sepenuhnya di Tokopedia,” kata Isy Karim dalam keterangan persnya di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Disampaikan Isy Karim pemanggilan terhadap pihak TikTok terkait penjelasan mengenai perkembangan migrasi TIkTok Shop ke Tokopedia. "Sekarang untuk pemisahan antara TikTok Shop, dengan Tokopedia itu sudah. Pembayaran udah langsung ke Tokopedia," terang Isy Karim, sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemendag, kemendag.go.id, Kamis 7 Maret 2024.

Baca Juga: TikTok Mulai Batasi Konten Dewasa untuk Pengguna Remaja

Kendati demikian, hingga hari ini TikTok Shop masih ada dalam satu aplikasi yang sama dengan TikTok. Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 tahun 2023 melarang adanya transaksi jual beli di media sosial.

Dia menuturkan, saat ini proses integrasi data TikTok ke TikTok Shop telah mencapai 87 persen. "Jadi memang ada beberapa yg belum sesuai sekitar 13 persen. kemarin dua atau tiga minggu lalu saya bilang sekitar 25 persen lagi untuk comply dengan Permendag 31, sekarang tinggal 13 persen," pungkas Isy Karim.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: kemendag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah