Bukit Cinta dan Gedong Sogo Ditata PUPR

- 11 Januari 2021, 17:30 WIB
Kawasan wisata Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo, Bandungan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah.
Kawasan wisata Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo, Bandungan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. /Dok. Humas PUPR/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Kawasan wisata Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo, Bandungan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah selesai di tata. Penataan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertujuan mendukung aktivitas wisata yang ada dengan menyediakan infrastruktur yang nyaman dan layak.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” papar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip dari laman pu.go.id.

Disampaikan Basuki Hadimuljono, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah melakukan penataan Kawasan Bukit Cinta Rawa Pening sejak 14 Mei 2018 dengan anggaran senilai Rp69,5 miliar. Bukit Cinta merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan di Danau Rawa Pening.

Baca Juga: Longsor Bahu Jalan Nagreg

“Di Bukit Cinta ini wisatawan dapat menikmati pemandangan cantik Rawa Pening. Memasuki kawasan danau, pengunjung juga dapat memancing ikan, berperahu mengelilingi danau melihat pemandangan Gunung Merbabu serta Gunung Telomoyo,” ujar Basuki Hadimuljono.

Hal terpenting dari penataan Rawa Pening menurut Basuki Hadimuljono, adalah peran penting dari Rawa Pening sebagai sumber air bagi irigasi. Juga merupakan sumber pembangkit listrik di Sungai Tuntang, perikanan air tawar, dan pengendalian banjir.

Sementara untuk penataan kawasan Gedong Songo, menurut Basuki Hadimuljono, bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan prasarana pendukung wisata Candi Gedong Songo. Objek wisata yang berlokasi di Dusun Darum, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang diupayakan mampu memberikan pelayanan dan pengalaman wisata yang optimal.

Baca Juga: Ini 9 Instruksi Bupati Bekasi Dalam Penerapan PPKM

Penataan kawasan wisata Gedong Songo dilakukan sejak 3 Desember 2018 senilai Rp 69,5 miliar. Lingkup kegiatan meliputi pembangunan anjungan pasar bunga, pembangunan parkir Pasar Bunga dan pembangunan parkir bawah Candi Gedong Songo.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah