UMKM Kabupaten Cianjur Terus di Dorong Untuk Berkembang

- 22 Januari 2022, 19:01 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman saat mengunjungi salah satu UMKM binaanDinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur pada pembukaan Alun-Alun dengan manghadirkan kuliner makanan khas Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. Rencananya <inggu 23 Januari 2022 kegiatan serupa akan kembali digelar dengan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir.
Bupati Cianjur Herman Suherman saat mengunjungi salah satu UMKM binaanDinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur pada pembukaan Alun-Alun dengan manghadirkan kuliner makanan khas Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. Rencananya <inggu 23 Januari 2022 kegiatan serupa akan kembali digelar dengan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir. /Foto : Humas Pemkab Cianjur/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur terus mendorong pengembangan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Hingga saat ini tercatat 10 ribu UMKM di Kabupaten Cianjur secara bertahap akan diberikan pembinaan dan pelatihan.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur (Diskoperindag), Tohari Sastra, bahwa untuk mendorong sektor perekonomian masyarakat, Pemkab Cianjur melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan secara bertahap akan melakukan pembinaan dan pelatihan.

“Hingga kini tercatat tidak kurang dari 10 ribuan UMKM ada di Kabupaten Cianjur. Setiap tahunnya, mulai tahun ini sebanyak 2000 UMKM akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan,” terang Tohari Sastra kepada Portal Bandung Timur.

Baca Juga: Raper Iwa K Kesal oleh Anggota DPR yang Parno Sunda Empire

Selain diberikan pembinaan dan pelatihan, Pemkab Cianjur melalui  Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan juga akan memberikan bantuan berupa permodalan. “Untuk bantuan permodalan kita siapkan dana bergulir yang dikelola BUMD atau lembaga keuangan yang akan kita tunjuk,” ujar Tohari Sastra.

Dikatakan Tohari Sastra, sejumlah UMKM yang selama ini menjadi ikon Kabupaten Cianjur juga akan kembali didorong untuk dikembangkan. “Seperti makanan-makanan khas Cianjur seperti manisan, kerajinan seperti lampu gentur dan lainnya, jadi bukan hanya produk inovatif saja,”pungkas Tohari Sastra.

SElain dilakukan pembinaan dan pelatihan serta didorong dengan permodalan, untuk mendorong UMKM di Kabupaten Cinajur  juga diselenggarakan berbagai kegiatan untuk memperkenalkan produk. Seperti pada Minggu 23 Januari 2022 betrempat di Alun-alun Cianjur akan digelar acara Bazar UMKM Cianjur, bazar murah minyak goreng, tang rencananya akan dihadiri Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir. (dani jatnika)***

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah