Kadin Kota Bandung Diharapkan Jadi Mitra Pemerintah Kota Bandung Memulihkan Perekonomian

- 27 Maret 2022, 00:41 WIB
Pelantikan kepengurusan baru Kadin Kota Bandung masa bakti 2021-2026.
Pelantikan kepengurusan baru Kadin Kota Bandung masa bakti 2021-2026. /Pikiran-Rakyat/Boy Darmawan/

PORTAL BANDUNG TIMUR - Keberadaan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Bandung akan membantu mengakselerasi jalannya pembangunan kota, terutama melepas ekonomi dari impitan pandemi. Diperlukan kolaborasi luas agar rakyat Bandung bisa terbantu untuk bangkit dari ketertinggalan ekonomi selama pandemi. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Dr. H. Edwin Senjaya, S.E., M.M., pada acara pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung masa bakti 2021-2026, di Hotel The Trans, Bandung Jumat 25 Maret 2022.

“Saya hadir di sini mewakili Ketua DPRD dan teman-teman legislatif DPRD Kota Bandung. Seperti diketahui, Kota Bandung cukup terdampak pandemi. Orang yang bisa bertahan di era saat ini bukan yang hanya sekadar kuat, pintar, kaya, tetapi mereka yang bisa cepat beradaptasi di kondisi yang sedang kita rasakan ini,” ujar Edwin Senjaya.

Baca Juga: Wujudkan Negara industri yang Tangguh, Indonesia Harus Percaya Diri

Disampaikan Edwin Senjaya, DPRD Kota Bandung memandang sinergitas antara unsur eksekutif, legislatif, dan dibantu Kadin, perlu semakin dipererat. Diharapkan kemajuan yang dibangun dari seluruh elemen masyarakat dapat mempercepat proses pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Untuk memulihkan kondisi penurunan ekonomi, kita harus bekerja sama, bersinergi seluruh komponen masyarakat, baik pemerintah, legislatif, serta seluruh komponen termasuk Kadin, sebagai mitra strategis yang mampu menaikkan taraf ekonomi Kota Bandung. Mari kita sama-sama membangun Bandung yang lebih baik,” ujar Edwin Senjaya.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan bahwa, Pemerintah Kota Bandung berharap seluruh stakeholder membantu pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 ini. Pasalnya, Pemkot Bandung tidak mungkin dapat mendongkrak ekonomi warga tanpa dukungan dari seluruh pihak.

Baca Juga: Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2022, Waspada Titik Rawan di Jawa Tengah

“Salah satu pihak yang perlu mendukung yaitu Kadin Kota Bandung yang beranggotakan para pengusaha di bidang perekonomian.  Peran Kadin yang sangat strategis untuk mengembangkan UMKM, tentu dalam rangka akselerasi pemulihan. Karena bagaimanapun ekonomi merupakan tulang punggung bagi kesejahteraan masyarakat kota," ujar Ema Sumarna.

Dikatakan Ema Sumarna, di awal pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung sempat terkontraksi hingga -2,28 persen. Namun kemudian bangkit menjadi 3,79 persen dan diharapkan tahun depan akan lebih baik.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x